PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS BAHAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MUARA KRISPI DI JAKARTA

Muh Ali Maskuri

Abstract


Persepsi harga dan kualitas bahan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Dalam kasus ini persepsi harga dan kualitas bahan terhadap muara krispi di jakarta diharapkan kepuasan konsumen meningkatkan,  oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan kualitas bahan terhadap kepuasan konsumen muara krispi di jakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muara krispi di jakarta . Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Rao Purba dengan margin of error max sebesar 10%, maka jumlah sample minimal yang didapat sebesar 96,04 di bulatkan menjadi 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Kemudian di analisis secara kuantitatif dengan statistik dibantu program SPSS vdersi 15.00 for windows. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 2.451 + 0.511X1 + 0.364X2. Koefisien determinasi (Adjusted R2 ) sebesar 0,769, hal ini berarti 76,9 % kepuasan konsumen muara krispi di jakarta yang mamakan produk muara krispi dipengaruhi oleh persepsi harga dan kualitas bahan. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara persepsi harga dan kualitas bahan terhadap kepuasan konsumen muara krispi. Disarankan hendaknya penjual muara krispi meningkatkan persepei harga yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap muara krispi, sehingga akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk muara krispi.

 

Kata kunci:

Persepsi Harga, Kualitas Bahan, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF PDF

References


Kherul Fadly Jamin, Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, aksessibilitasi lokasi, dan kekuatanreferensi sosial terhadap keputusan pemeliharaan rumah makan bundodi jakarta Fakultas dan bisnis universitas diponegoro, semarang 2013

Dheany Arumsari. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua (Studi Pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Jawa Tengah).

Arwan Bahak. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang di Jibilat Barongan Kudus. Fakultas Ekonomi Universitas Muria, Kudus

Lopiyoadi (2008,hal.88) Pemasaran Jasa Jakarta, Salemba Empat

Mulyanto, H dan Wulandari, A, Penelitian: Metode dan Analisis, CV. Agung: Semarang

Kotler & Armstrong (2008) Kualitas Produk Merupakan Senjata Strategis Yang Potensial Untuk Mengalahkan Pesaing CV, Andi Offset,. Yogyakarta.

Tjiptono,2008, Perilaku Konsumennya, Jogjakarta, Andi

Indriyo Gitosudarmo (2008:232): Penetapan harga, BPFE-Yogyakarta

Lelina dan Suryandari,2004, Harga yang ditetapkan diatas harga pesaingakan dipandang sebagai produk yang berkulitas rendah, VV. Alfabeta. Bandung

Mowen dan Minor (2002 : 89) mengemukakan bahwa : “ Kepuasan konsumen (consumer satisfaction), Jakarta. Elangga




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i3.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA