SISTEMATIKA PENULISAN BEST PRACTICE BAGI GURU-GURU SMPN SE-KABUPATEN SIDOARJO

Taufik Nurhadi, Sri Budi Astuti, Tri Indrayanti, Pana Pramulia

Abstract


ABSTRAK

Seorang guru profesional diharapkan mampu mengomunikasikan apa yang sudah diperbuat dengan mengembangkan laporan aktivitas melalui penulisan best practice. Berdasarkan hasil studi lapangan dan diskusi dengan guru-guru SMPN se-Kabupaten Sidoarjo ternyata masih banyak guru kesulitan memahami penulisan best practice, terutama sistematika yang digunakan. Kelompok sasaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah guru SMPN Se-Kabupaten Sidoarjo. PKM ini akan memberi wawasan tentang sistematika dalam penulisan best practice. Berdasarkan angket yang telah disebar, dari 120 peserta yang mengikuti kegiatan PKM dapat dikatakan 92% berhasil memahami sistematika best practice. Empat pemateri memberikan penguatan-penguatan sebelum kegiatan ditutup.

 

Kata kunci: Sistematika, Best Practice, Guru.


Keywords


Sistematika, Best Practice, Guru

References


Fitri, I. & Rachmadi. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21dalam Jurnal Pendidikan Pancasila (DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-)

Kemendikbud. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen GTK.

Pramujiono, A. (2010). Menulis PTK itu Gampang: dari Teori sampai Praktik. Surabaya: Adi Buana University Press.

Suwanto (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, dan Best Practice. Bojonegoro: Penerbit Pustaka Intermedia.

Suyanto & Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.

Utami, G. S. (2016). Pedoman Pelaksanaan Lomba Best Practise Nasional Kepala Sekolah Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.