SISTEMATIKA PENULISAN BEST PRACTICE BAGI GURU-GURU SMPN SE-KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Seorang guru profesional diharapkan mampu mengomunikasikan apa yang sudah diperbuat dengan mengembangkan laporan aktivitas melalui penulisan best practice. Berdasarkan hasil studi lapangan dan diskusi dengan guru-guru SMPN se-Kabupaten Sidoarjo ternyata masih banyak guru kesulitan memahami penulisan best practice, terutama sistematika yang digunakan. Kelompok sasaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah guru SMPN Se-Kabupaten Sidoarjo. PKM ini akan memberi wawasan tentang sistematika dalam penulisan best practice. Berdasarkan angket yang telah disebar, dari 120 peserta yang mengikuti kegiatan PKM dapat dikatakan 92% berhasil memahami sistematika best practice. Empat pemateri memberikan penguatan-penguatan sebelum kegiatan ditutup.
Â
Kata kunci: Sistematika, Best Practice, Guru.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fitri, I. & Rachmadi. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21dalam Jurnal Pendidikan Pancasila (DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-)
Kemendikbud. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen GTK.
Pramujiono, A. (2010). Menulis PTK itu Gampang: dari Teori sampai Praktik. Surabaya: Adi Buana University Press.
Suwanto (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah, dan Best Practice. Bojonegoro: Penerbit Pustaka Intermedia.
Suyanto & Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.
Utami, G. S. (2016). Pedoman Pelaksanaan Lomba Best Practise Nasional Kepala Sekolah Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas IPWIJA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.