Keberlangsungan Bisnis UMKM melalui Pemasaran Digital dan Inovasi Produk

Taufik Taufik, Irwan Kurniawan, Iwan Kurniawan, Agus Sudigdo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh pemasaran digital dan inovasi produk terhadap keberlangsungan bisnis UMKM. Penelitian selain menggunakan riset kepustakaan juga metode survey berupa kuesioner tertutup dan terstruktur. Populasi terjangkau dalam penelitian adalah pelaku UMKM kuliner pengguna minimal salah satu aplikasi pemasaran digital. Sampel berbasis teknik purposive non random sampling pada 35 UMKM kuliner di Kota Depok. Sumber data utama berasal dari data primer dan dukungan data sekunder. Uji asumsi klasik serta uji hipotesis dilakukan menggunakan korelasi, uji determinan, uji t, uji F dan uji regresi. Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan antara pemasaran digital dan inovasi produk terhadap keberlangsungan bisnis UMKM bisnis kuliner.

 

Kata kunci:

inovasi produk; keberlangsungan bisnis; pemasaran digital; UMKM

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to examine and explain the effect of digital marketing and product innovation on the sustainability of MSME businesses. In addition to using library research, the research also uses survey methods in the form of closed and structured questionnaires. The affordable population in this study are culinary MSMEs who use at least one of the digital marketing applications. Sample based on purposive non random sampling technique on 35 culinary MSMEs in Depok City. The main data source comes from primary data and secondary data support. The classic assumption test and hypothesis testing were carried out using correlation, determinant test, t test, F test and regression test. The research findings show that there is a positive and significant influence partially or simultaneously between digital marketing and product innovation on the sustainability of the MSME culinary business.

 

Keywords:

business continuity, digital marketing, MSME, product innovation


Full Text:

PDF

References


Amelia, Y., Nauli, P., & Desriani, N. (2020). The impact of financial literacy on the performance and sustainability of SMEs in Indonesia. In The Future Opportunities and Challenges of Business in Digital Era 4.0. London: Routledge.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Aribowo, H., & Wirapraja, A. (2018). Strategi Inovasi dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Bisnis dalam Menghadapi Era Volatility, Uncertainty, Compelxity, dan Ambiguity (Vuca). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 9(1), 51-58.

Azhar, A. N., & Arofah, T. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keberlangsungan UMMK di Kabupaten Banyumas pada Masa Pandemi Covid-19. SAR (Soedirman Accounting Review): Journal of Accounting and Business, 6(1), 37–49.

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII (10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited.

Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(4), 1–10.

Efendi, E., Ati, N. D., Zulmida, E. S., Chofifah, C. N., Astuti, F. A., Amara, R. D., & Sonia, S. F. (2021). Pentingnya Digital Marketing dalam Memajukan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(3), 227–232.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive: Jurnal Ilmiah Direktorat RPIKK ULBI, 16(1), 32–41.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Kotler, P. (2018). Principles of Marketing: Global Edition. United Kingdom: Pearson

McDaniel, B. (2002). Entrepreneurship and Innovation: An Economic Approach. New York: M.E.Sharpe, Inc.

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Riyanti, B., & Aini, N. A. N. A. (2022). Strategi Keberlangsungan Usaha UMKM Kampung Singkong pada Masa Pandemi Covid-19. Among Makarti, 15(2) (Edisi Khusus Dies Natalis ke-38), hal. 32-49.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaksono, J., & Zakaria N. (2020). Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Jounal, 4(1).

Susanto, A. (2013). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Batik Tulis Karangmlati Demak. Universitas Negeri Semarang.

Taufik, T., Andriyani, M., Kurniawan, I., Indiarti, M. (2021). Adaptasi dan Inovasi Bisnis dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid 19. Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan V, LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/prc/article/view/631

Urbancova, H. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96. https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v6i0.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.