Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia

Olivia Michelle Pranajaya, Susanti Widhiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik dan biaya pemasaran terhadap laba bersih pada perusahaan food and beverages yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini sebanyak 18 perusahaan food and beverages yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Dengan menggunakan metode purpose sampling, didapatkan sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitin ini berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang telah diaudit dan dilaporkan kepada BEI. Analisis regresi berganda digunakan dalam penelitian ini untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa biaya bahan baku tidak memiliki pengaruh terhadap laba bersih. Biaya tenaga kerja langsung tidak memiliki pengaruh terhadap laba bersih. biaya overhead pabrik tidak memiliki pengaruh terhadap laba bersih. Sedangkan biaya pemasaran memilik pengaruh signifikan terhadap laba lersih.

 

Kata kunci:

Biaya Bahan Baku; Biaya Overhead Pabrik; Biaya Pemasaran; Biaya Tenaga Kerja Langsung; Laba Bersih

 

 

ABSTRACT

 

The objective of this research is to analyze the effect of raw material costs, direct labor costs, factory overhead costs and marketing costs on net profit in food and beverages companies listed on Indonesian Stock Exchange. The population of this research is 18 on the value of the company in food and beverages companies listed on Indonesian Stock Exchange. Throught purposive sampling method, this research has 12 companies as a sample. The data of this research is a secondary data was obtained from financial statements and annual reports that have been audited and reported to Indonesian Stock Exchange. Multiple regression analysis is used in this study to see the effect of independent variables on the dependent variable. The results of this study indicate that the cost of raw materials has no effect on net profit. Direct labor costs have no effect on net profit. factory overhead has no effect on net profit. meanwhile, marketing costs have a significant influence on net profit.

 

Keywords:

Direct Labor Cost; Factory Overhead Cost; Marketing Cost; Net Profit; Raw Material Cost

 


Full Text:

PDF

References


Asmadi, A. (2014). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baridwan, Z. (2012). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE

Stice, E. K., Stice, J. D., & Skousen, K. F. (2004). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

_______. (2018). Aplikasi Analisis Multivariaate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Sembilan. Semarang: Undip.

Hansen, D.R., & Mowen, M. (2013). Akuntansi Manajerial, Buku I, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Hartanti, Erisa dan Adiwibowo. (2016). Penerapan Activity-Based Costing System dalam Menentukan Harga Pokok Produksi PT Purba Barutama Engineering Divison.

Herawati. (2005). Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk pada PT Tirta Eka Perkasa Semarang.

Herliani, N. (2012). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung terhadap Profitabilitas Perusahaan Natasa Handycraft Tasikmalaya, hal 5-6.

Hery. (2019). Akuntansi Dasar 1&2. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

________. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Jumingan. (2006). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salman, K.R. (2013). Akuntansi Biaya Pendekatan Product Costing. Jakarta: Akademia Permata.

Lelyana. (2014). Pengaruh Biaya Produksi (Job Order Cost) Terhadap Laba Kotor pada CV. Nusaena Konveksi di Kec.Rumbai Pesisir Pekanbaru.

Limakrisna, N., & Wilhelmus, H.S. (2012). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Badan Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyastama, R. (2020). The Book of SPSS (Analisis & Pengolahan Data).

Yogyakarta: Start Up.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Riwayadi. (2014). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Rostiati & Ferliyanti, H. (2019). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasional, dan Penjualan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Akrab Juara, Vol 4, No 1.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Simamora, H. (2000). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan, Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.

Soemarso S.R. (2005). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Salman, K. (2013). Akuntansi Biaya. Cetakan Pertama. Jakarta: Akademia Permata

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsan, T. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Edisi 2. Jakarta: PT Indeks

Supriyono. (2018). Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Susilawati, E. (2019). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih (Studi Perusahaan Rokok PT Gudang Garam Tbk yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2017. Jurnal, Vol 2, No1.

Suwardjono. (2008). Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE

Wijaya, D. (2018). Akuntansi UMKM. Yogyakarta: Gava Media.

www.idx.com

www.kemenperin.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v5i0.652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.