Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Adibah Yahya

Abstract


Perilaku konsumtif mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain literasi keuangan, gaya hidup hedonis, dan uang elektronik. Tingkat literasi keuangan yang tinggi akan menurunkan perilaku konsumtif seseorang jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup hedonis yang lebih mementingkan kesenangan pribadi dan penggunaan uang elektronik akibat perkembangan teknologi berpengaruh terhadap tindakan seseorang dalam perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonis, dan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Program Diploma Akuntansi Universitas Pelita Bangsa yang berjumlah 420 responden, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Penelitian analisis regresi berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa literasi keuangan dan uang elektronik tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, namun gaya hidup hedonis mempengaruhi perilaku konsumtif

Kata kunci: Literasi keuangan; gaya hidup hedonis; uang elektronik; perilaku konsumtif.

 

ABSTRACT

Student consumptive behavior is influenced by several factors, including financial literacy, hedonic lifestyles and electronic money. A high level of financial literacy will reduce one's consumptive behavior if applied in daily life. The hedonist lifestyle that is more concerned with personal pleasure and the use of electronic money due to technological developments has an influence on one's actions in consumer behavior. The aim of this study is to find out the effect of financial literacy, hedonic lifestyle and electronic money on consumptive behavior. The population used is all students of Diploma in Accounting Pelita Bangsa University, amounting to 420 respondents, and the sampling technique using purposive sampling then the sample in this study about 50 respondents. Multiple regression analysis research is used in this study. The results of the study stated that financial literacy and electronic money have no effect on consumptive behavior. Whereas hedonic lifestyle influences consumptive behavior.

Keywords: financial literacy; hedonic lifestyle; electronic money; consumptive behavior.


Keywords


literasi keuangan, gaya hidup hedonis, uang elektronik, perilaku konsumtif

References


Ariyanti, F. (2019). Mengenal Hedonisme, Gaya Hidup Konsumtif Yang Bisa Bikin Keuangan Merana.

Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. EJournal Psikologi, 1(2), 148–156.

bi.go.id. (2013). Edukasi: Uang Elektronik.

Kanserina, D. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Kim, H. J., Lee, S. J., & Shin, I. C. (2013). Design and implementation of in-house electronic money using java cards. International Journal of Smart Home, 7(5), 103–114. https://doi.org/10.14257/ijsh.2013.7.5.11

Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709

Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial Literacy Among the Young: Evidence and Implications. National Bureau of Economic Research, 358–380.

Lusardi, A., & Tufano, P. (2009). Debt literacy, financial experiences, and overindebtedness. NBER Working Paper No. 14808, 3, 1–44.

Mandell, L. (2008). Financial literacy of high school students. Handbook of Consumer Finance Research, 163–183. https://doi.org/10.1007/978-0-387-75734-6_10

Melina, A., & Wulandari, S. (2013). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mulianingsih, D. (2019). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif di Online Shop (Survei Online pada Konsumen Zalora Indonesia di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 66(1), 56–66.

Noto, A. P., Anniza, A., & Serenata, S. D. T. (2019). Pengaruh uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Center for Open Science.

OECD. (2014). PISA 2012 Results: Students and Money (Volume VI). In Pisa. https://doi.org/10.1787/9789264208094-en

OJK. (2017). Literasi Keuangan.

OJK. (2019). Siaran Pers Survei OJK 2019: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873

Ramadhan, R. (2015). Peran dan Fungsi Mahasiswa.

Ramadhani, R. H. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. 114.

Rantelobo, A. T., & Sir, J. S. (2018). Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang. Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Audit, 3(2), 30–45.

Sari, A. K. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2011. Universitas Negeri Malang. Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Sari, F. W. (2019). Pengaruh Intelligence Qoutient dan Pendidikan Keuangan di Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mengajar Manajemen Keuangan Mahasiswa Pensisikan Bisnis Universitas Negeri Medan Stambuk 2015. Universitas Medan.

Sartika, Y. D., & Hudaniah, H. (2018). Gaya Hidup Hedonis Dan Intensi Korupsi Pada Mahasiswa Pengurus Lembaga Intra Kampus. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 213. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i2.7142

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukarno, N. F., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa Di Sma Pl Don Bosko Semarang. Empati, 7(2), 314–320.

Triyaningsih, S. (2011). Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(2), 172–177.

Udayanthi, N. O., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2013). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(9), 195–208. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i3.4194




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA