Keberanian Mengambil Risiko Bisnis pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis
Abstract
Keberanian mengambil risiko diperlukan oleh setiap pelaku usaha tetapi memiliki tingkat yang berbeda. Penelitian ini berupaya untuk menguji perbedaan keberanian mengambil risiko para mahasiswa berdasar jenis kelamin, latar belakang keluarga dan pengetahuan wirausaha. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan oleh 237 mahasiswa Ekonomi Bisnis Universitas Pelita Bangsa yang juga pelaku bisnis. Pengujian dilakukan dengan metode independent sampel t test dan One-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keberanian mengambil risiko berdasarkan jenis kelamin. Tidak terdapat perbedaan keberanian mengambil risiko berdasarkan latar belakang keluarga dan pengetahuan wirausaha.
Kata kunci: Risiko, jenis kelamin, latar belakang keluarga, pengetahuan wirausaha
Â
Courage to Take Business Risks in Economics and Business StudentsABSTRACT
The courage to take risks is required by every business actor but at different levels. This study seeks to examine differences in students' risk-taking courage based on gender, family background, and entrepreneurial knowledge. The research data were obtained from the results of a questionnaire given by 237 Business Economics students at Pelita Bangsa University who were also business people. Tests were carried out using the independent sample t-test and One-way ANOVA methods. The results showed that there were differences in risk-taking based on gender. There is no difference in the courage to take risks based on family background and entrepreneurial knowledge.
Keywords: Risk, gender, family background, entrepreneurial knowledge
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, S. (2018). Pengaruh Perilaku Pengambilan Resiko Dan Kelompok Referensi Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Kabupaten Oku Timur. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 2(2), 111-128.
Arinii, R., Mangundjaja, W., & Hartana, G. T. (2010). Hubungan Peran Jender dan Tingkah Laku Pengambilan Risiko pada Wirausaha Perempuan dengan Usaha Kecil. Mind Set, 1(2), 131-139.
Mulyanto, H. & Wulandari, A, 2010, Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV.Agung.
Mustofa, A. L. A., & Ekawati, N. W. (2017). KEBERANIAN MENGAMBIL RISIKO MEMEDIASI PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEBUTUHAN AKAN PRESTASI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5377-5405.
Oktavia, G. D., & Trimeiningrum, E. (2018). Pengaruh Percaya Diri Dan Keberanian Mengambil Risiko Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Makanan Ringan Di Kota Semarang (Studi Kasus Pada Sentra Industri Kerupuk, Keripik, Peyek dan Sejenisnya di Kota Semarang). JEMAP : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan, 1(1), 26-40.
Rahmawati, N., & Triyono, T. (2017). Keberanian dalam Mengambil Keputusan dan Risiko sebagai Karakter Wirausaha Petani Padi Organik di Kabupaten Bantul. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 3(2). doi:10.18196/agr.3253
Wang, C. K., & Wong, P.-K. (2004). Entrepreneurial interest of university students in Singapore. Technovation, 24(2), 163-172. doi:10.1016/s0166-4972(02)00016-0
Wiani, A., Ahman, E., & Machmud, A. (2018). EFFECT OF FAMILY ENVIRONMENT ON INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP STUDENTS SMK IN SUBANG REGENCY. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, II(2), 122-132.
Winowod, N. A., Sepang, J. L., & Tawas, H. N. (2018). PENGARUH INOVASI DAN KEBERANIAN MENGAMBIL RISIKO TERHADAP KINERJA PRODUK DENGAN INTESITAS PERSAINGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Cafe-Cafe di Manado). Jurnal EMBA, 6(4).
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/11/03/keren-indonesia-jadi-salah-satu-negara-pemilik-startup-terbanyak-di-dunia-2020
https://investor.id/it-and-telecommunication/menkominfo-banggakan-pertumbuhan-startup-ri
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020
https://ekbis.sindonews.com/read/158312/34/rasio-wirausaha-di-indonesia-tertinggal-dibanding-negara-tetangga-1599574154
https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-Negara-Maju
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i3.494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Wiraswasta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.