Model Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Kinerja Wirausaha Perempuan di Bogor
Abstract
Kata kunci: kinerja; orientasi kewirausahaan; strategi bisnis; UMKM; wirausaha perempuan           Â
ABSTRACT
This study aims to examine the direct effect of entrepreneurial orientation and business strategy and also the indirect effect of entrepreneurial orientation, mediates by business strategy, on the performance of women entrepreneurs in Bogor. This study used the primary data of 50 women entrepreneurs in Bogor. The data was analyzed using path analysis. The results showed that entrepreneurial orientation has no directly effect on the performance of women entrepreneurs. The results also showed that entrepreneurial orientation that is mediated by business strategy has a greater effect on improving the performance of women entrepreneurs. Strong entrepreneurial orientation that accompanied by cost efficiency strategy, product differentiation strategy, and specific market segment strategy will provide more possibilities for women entrepreneurs to improve their performance and become more competitive.
Keywords: business strategy; entrepreneurial orientation; performance; SMEs; women entrepreneurship
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, N., & Seymour, R. (2011). Defining entrepreneurial activity: Definitions supporting frameworks for data collection. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1090372
Ariefianto, M. D. (2012). Ekonometrika: Esensi dan aplikasi dengan menggunakan eviews. Erlangga.
Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 277–286. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.265.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Indiworo, H. E. (2017). Peran perempuan dalam meningkatkan kinerja UMKM. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 40–58. https://doi.org/10.26877/ep.v1i1.1806.
International Finance Corporation (IFC). (2016). UKM yang dimiliki wanita di Indonesia: kesempatan emas untuk institusi keuangan lokal, studi penelitian pasar. IFC-World Bank Group & USAID.
Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 234–239. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i2.3801.
Mustikowati, R.I., & Tysari, I. (2014). Orientasi kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan (Studi pada UKM sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi, 10(1), 23–37. https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.771.
Pambudy, R., Priatna, W.B., & Burhanuddin, B. (2017). Kewirausahaan dan manajemen kecil. Idemedia Pustaka Utama.
Porter, M. E. (2004). Competitive avantage: Creating and sustaining superior performance. Free Press.
Primadhita, Y., Budiningsih, S., & Primatami, A. (2018). Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan perempuan berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 161–167. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.229.
Primadhita, Y., Primatami, A., & Budiningsih, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi perempuan berwirausaha online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(2), 81–90. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i2.322.
Sari, S., Priatna, W. B., & Burhanuddin, B. (2017). Pengaruh aktivitas wanita wirausaha terhadap pertumbuhan usaha olahan kentang di Kabupaten Kerinci, Jambi. Jurnal Agribisnis Indonesia, 3(1), 39–54. https://doi.org/10.29244/jai.2015.3.1.39-54.
Sudarsono, B. (2015). Analisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap strategi bisnis dalam meningkatkan kinerja usaha kecil dan menengah (UKM). Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 11(1), 24–29. https://doi.org/10.32497/orbith.v11i1.349.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sule, E.T., & Saefullah, K. (2005). Pengantar manajemen (edisi pertama). Kencana Prenada Media Group.
Suswanti, S., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan strategi bersaing terhadap kinerja penjualan home industry anyaman bambu (Studi pada produk peralatan rumah tangga anyaman bambu Desa Cibuyur, Pemalang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.14710/jab.v5i2.16236.
Wardoyo, P., Rusdianti, E., &, & Purwantini, S. (2015). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap strategi usaha dan kinerja bisnis umkm di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab. Semarang. Journal & Proceeding FEB Unsoed, 5(1), 1–19.
Yuliana, R., & Pujiastuti, Y. (2018). Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis. Tirtayasa Ekonomika, 13(2), 320–329. https://doi.org/10.35448/jte.v13i2.4318.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i1.493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.