PENGARUH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI GURU SMA AL-KHAIRIYAH

Ris Handayani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh evaluasi program pendidikan terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 3) Untuk mengetahui pengaruh budaya kerjaterhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. 4) Untuk mengetahui pengaruh evaluasi program pendidikan, supervisi kepala sekolah dan budaya kerjasecara bersama-sama terhadap motivasi guru di Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyah.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah guruSekolah Menengah Atas Al-Khairiyah. Dengan teknik simple random sampling, diambil sampel sebanyak 45 Pegawai pada Sekolah Menengah Atas Al-Khairiyahsebagai responden dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat Pengaruh Evaluasi Program Pendidikan terhadap Motivasi Guru. 2) Terdapat Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Motivasi Guru. 3) Terdapat Pengaruh Budaya Kerja  (X3) terhadap Motivasi Guru (Y). 4) Terdapat pengaruh evaluasi program pendidikan  (X1), supervisi kepala sekolah  (X2) dan budaya kerja  (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi guru (Y).

 

Key words:

Evaluasi Program Pendidikan, Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Motivasi Guru

Full Text:

PDF PDF

References


Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Apollo.

Daryatmi. 2002. Pengaruh Motivasi, Pengawasan dan Budaya Keraja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Desa Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/125/1/Daryatmi.pdf. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2010.

E. Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hasibuan, Malayu S.P, 2006, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara:Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Semarang. Unesa Universty Press.

Siagian, Sondang P, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I, Cetakan Ketiga Belas, Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah, B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA