PERANAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN SUASANA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BAKSO BOEDJANGAN BINTARA
Abstract
Service quality, price, and atmosphere influence customer satisfaction. The purpose of this study was to determine the effect of service quality, price, and atmosphere on customer satisfaction at Bakso Boedjangan Bintara. The study population was customers of Bakso Boedjangan Bintara and samples taken by 100 people. The data analysis method of this research is multiple linear regression analysis previously tested with the classic assumption test. The test results show that service quality, price, and atmosphere have an effect on customer satisfaction Bakso Boedjangan Bintara.
Keywords: Service quality, price, and atmosphere influence customer satisfaction
Â
ABSTRAK
Kualitas pelayanan, harga dan suasana berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan suasana terhadap kepuasan pelanggan Bakso Boedjangan Bintara. Populasi penelitian adalah pelanggan Bakso Boedjangan Bintara dan sampel yang diambil sebesar 100 orang. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya diuji dengan uji asumsi klasik, Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga dan suasana berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Bakso Boedjangan Bintara.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, harga dan suasana berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriyani, Dwi Aliyyah. (2017) “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen The Little A Coffee Shop di Kota Sidoarjoâ€. Tesis. Universitas Brawijaya Malang http://repository.ub.ac.id/id/eprint
CRP Group. (2019). 50 Gerai Bakso Boedjangan dalam 4 Tahun, lebih dari 10 Kota di Indonesia, https://www.citarasaprima.com/post diakses 9 Juli 2019.
Devi, Santika, Suharyono dan Dahlan Fanani. (2017). “Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Cafe OTW Food Street Malangâ€. Jurnal Administrasi Bisnis Unibra Malang. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php
Dian, Nova Farah dan Yessy Artanti. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan dan Atmosfir Restoran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbuck Coffee. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.52 No.1 November 2017. Unesa Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unisa.ac.id
Duta.Co/Wiwik. (2019). Strategi Bakso Boedjangan, Terus Inovasi Sesuai Permintaan Pasar. https://duta.co/strategi-bakso-boedjangan diakses 4 Juli 2019.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegaro
Harianto, David dan Hartono Subagio. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No.1 2013. Universitas Kristen Petra Surabaya. https://media.neliti.com
Kotler, Philip dan Amstrong. (2015). Marketing an Introducing. Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip dan Amstrong. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.
Krisdianti, Dika Lambang dan Sunarti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.70 No.1 2019. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Kristina, Maria dan Muhammad Edwar. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol.1 No.1 2017. Unesa Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Masrul dan Okta Karneli. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Store Location terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Produk Texas Chicken Plaza Citra Pekanbaru. Jurnal. JOM FISIP Vol.4.2 Oktober 2017. Universitas Riau.
Muslikah, Ani dan Yoyo Indah Gunawan. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kebijakan Harga terhadap Kepuasan Konsumen PT. HLS Yamaha Music Pejaten Village Mall Jakarta Selatan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. Vol.19 No.3 Desember 2017. STIE IPWI Jakarta: http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw
Nurmasari, Dewi dan Miftah El Fikri. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Jurnal Manajemen Tools Univ. Pembangunan Panca Budi Medan. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/index
Primadia, Adara. (2017). Sejarah Bakso. Sejarah Lengkap.com. https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-bakso/attachmen diakses pada 6 Juni 2017
Putri, Noventia Karina. (2015). Anteseden Minat Loyalitas. Diponegoro Journal of Management Vol.4 No.2. Semarang: Undip.
Sabran. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sasongko, Felita dan Hartono Subagio. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1 No.2 1-7 Surabaya. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/519 diakses 16 Juli 2017.
Situmeang, Lina Sari. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. UINSU. http://repository.uinsu.ac.id/3127/1/Skripsi.pdf
Sodexo.co.id (2019). Kepuasan Pelanggan: Definisi dan Faktor Pendukungnya. Artikel. https://www.sodexo.co.id diakses 31 Juli 2019.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulistyawati, Ni Made Arie. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubut Gianyar Bali. E-Jurnal Manajemen Vol. 4 No.8 Tahun 2015. Bali: FE Udayana.
Suwarman, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suwithi dan Anwar. (2013). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali.
Safrizal. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam, Vol.4 No.1 Mei 2015.
Tjiptono, Fandy (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Wahyudi, Muhammad. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Lele Kepruk. UIN Raden Fatah Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id
Widyandani, Estri, (2017) Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Taman Koleksi Bogor. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Wijaya, Cynthia Violita. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Jurnal Agora Vol.5 No.1 2017. Univ. Kristen Petra Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i01.383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.