PENGARUH PERPUTARAN KAS, PIUTANG, DAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA | Hartati | Jurnal Pengembangan Wiraswasta

PENGARUH PERPUTARAN KAS, PIUTANG, DAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Nani Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas, dengan menggunakan ROA sebagai alat ukurnya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEI periode 2012-2015. Variabel independen penelitian ini adalah Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan. Variabel dependen penelitian ini adalah Profitabelitas atau ROA. Analisis  data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial adalah Perputaran kas memiliki pengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi -0,001, Perputaran piutang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi yang diperoleh  sebesar 0,519> 0,05 dan Perputaran persediaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas  dengan  nilai signifikansi yang diperoleh  sebesar 0,792 > 0,05.. Dan untuk hasil uji simultan adalah perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai signifikansi sebesar 0.191 > 0,05.

 

Kata kunci:

Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan dan Profitabilitas


Full Text:

PDF PDF

References


Agustia Dewi, Kadek dan Yudiaatmaja, Fridayana (2016). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)

Ayu Rahayu, Eka dan Susilowibowo, Joni (2013). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya 60231

Deni, Irman (2014). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Jl.Politeknik Senggarang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Heru Mulyanto dan Anna Wulandari, 2010, Penelitian: Metode & Analisis. Semarang, CV.Agung

Indonesia Stock Exchange, 2015. Laporan Keuangan dan Tahunan 2012-2015. http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan.aspx. Diunduh pada tanggal 28 Januari 2017.

Kasmir. 2013. “Analisis Laporan Keuanganâ€Â. Edis 1. Cetakan ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.

Luh Komang Suarnami, I Wayan Suwendra, Wayan Cipta, (2014). Pengaruh Perputaran Piutang dan Periode Pengumpulan Piutang Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pembiayaan, E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014).

Muawaningsih, Marina dan Mudjiyanti, Rina (2013). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverages di BEI Periode 2009-2012, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rahma, Aulia (2011). Analisis pengaruh manajemen modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan PMA dan PMDN yang terdaftar di BEI. Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro Semarang..

Sufiana, Nina dan Purnawati, Ni Ketut (2013). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Ulibasa Rajagukguk, Santiana (2015). Analisis Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2014. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.

Utami, Sri dan Dewi S, Rusmala (2016). Pengaruh Manajemen Modal Kerja Terhadap Profitabiltas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 6, 2016: 3476-3503.

Zhendy Kurnia, Fransischa (2012). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN†Jawa Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i1.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA