PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CRM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RICHEESE FACTORY BINTARA KOTA BEKASI | Ariyanti | Jurnal Pengembangan Wiraswasta

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CRM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RICHEESE FACTORY BINTARA KOTA BEKASI

Anik Ariyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pelayanan dan CRM terhadap loyalitas pelanggan Richesse Factory Bintara Kota Bekasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengolahan data statistik. Pengujian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas data serta uji asumsi klasik.

Hasil mengujian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,439 dengan Diketahui bahwa pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,496. Secara simultan kualitas pelayanan dan CRM terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kontribusi yang diberikan oleh kualitas pelayanan dan CRM terhadap loyalitas pelanggan ditandai dengan nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar  0,452 atau 45,2%, artinya kualitas pelayanan dan CRM secara simultan dapat memberikan kontribusi sebesar 45,2% terhadap peningkatan loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci:

Kualitas Pelayanan, CRM dan Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF PDF

References


Asminar Mokodongan (2010:246). Analisis Penerapan Program Customer Relationship Manajement dengan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Inovasi, Volume 7 Nomor 4, hal 240

Buchari Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, CV Alfabeta, Bandung

Endar Sugiarto, 2002, Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Fajar Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Fandy Tjiptono dan G. Chandra, 2011, Service, Quality and Satisfaction. Edisi Tiga, CV Andi Offset, Yogyakarta

Fandy Tjiptono, 2012, Manajemen Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta

FandyTjiptono, 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Penerbit Andi, Yogyakarta

Helien, Visher, 2004. Layanan Konsumen dalam Seminggu, Prestasi Pustaka Publiser, Jakarta

Hening Widi Oetomo, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan

Husein Umar, 2008, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta

Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS IBM SPSS 19, Edisi 5. BP Undip, Semarang

J Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Kottler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I, Erlangga, Jakarta

Kottler, Philip; Amstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Erlangga, Jakarta

Lukas dalam Adnin, dkk. 2013. Influence Customer Relationship Management (CRM) to customer loyalty

Moenir, 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Nasution, 2004, Manajemen Jasa Terpadu, Cet.2, Ghalia Indonesia, Bogor

Ninemeier dan hays 2011. Restorant Operations Management, Principles and Pratices, New Jersey: Pratince Hall

Pasolong, Harbani, 2007. Teori Administrasi Publik, Alfabeta Graha Ilmu, Bandung

Purnama N, 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global, Ekonosia, Yogyakarta

Sinambela, 2010. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi, PT Bumi Aksara, Jakarta

Sri Suratno dan Nursya’bani Purnama, Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua, Jurnal Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol 7 No.1 Hal.69-87.

Sugiyono, 2014, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

Sutrisno Hadi, 2001. Metodologi Reseach untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga, Penerbit Andi Uma, Yogyakarta

Trisno Musanto, 2004. Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Media Advertising Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 6 pp.123-136

Wisnalmawati, 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Niat Pembelian Ulang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Nomor 3 Jilid 10, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i3.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta



Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA