PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PT. HLS YAMAHA MUSIC DI PEJATEN VILLAGE MALL JAKARTA SELATAN
Abstract
Kualitas Pelayanan dan Kebijakan Harga merupakan dua hal dar beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kepuasan konsumen PT HLS Yamaha Music Pejaten Village Mall Jakarta Selatan. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualtas pengaruh dan kebijakan harga terhadap kepuasan konsumen PT HLS Yamaha Music Pejaten Village Mall Jakarta Selatan.
Penelitian dilakukan di PT HLS Yamaha Music Pejaten Village Mall Jakarta Selatan dengan mengambil 91 konsumen sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus slovin dari total populasi 926 konsumen pada margin eror 10% didapat sampel 91. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuisioner tertutup dengan lima skala penelitian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis. Analisis regresi sederhana ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F.
Penelitian menghasilkan model persamaan regresi Ŷ = 8.840 + 0.308X1 – 0,118X2 dengan temuan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan harga terhadapa kepuasan konsumen pada PT. HLS Yamaha Music Pejaten Village Mall Jakarta Selatan dengan memberikan konribusi sebesar 25%. Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan Tidak terdapat pengaruh Kebijakan Harga terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepusan konsumen disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan kebijakan harga terutama meningkatkan kualitas pelayanan.
ÂÂ
Kata kunci:
Kualitas Pelayanan, Kebijakan Harga, Kepuasan KonsumenReferences
Cooper, D.R., dan Schindler, P.S., 2006, Business Research Methods (8th eds). Boston: McGraw-Hill
Ferdinand, A., 2006, Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I., 2006, Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta
Mulyanto, H dan Wulandari, A, 2010, Penelitian: Metode dan Analisis, CV.Semarang: CV Agung.
Priadana, H.M.S dan Muis, S., 2009, Metodologi Penelitian Ekonomi & Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Umar, H., 2008, Riset: SDM, Pemasaran, Keuangan, Strategi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Wijanto, S.H., 2008, Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i3.110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta