https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://dukcapil.wajokab.go.id/demo/ https://ict2u.polije.ac.id/fonts/thailand/ https://event.umj.ac.id/files/sloy-gacor/ https://event.umj.ac.id/foto_berita/demo/
PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PROMOSI ONLINE DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI JAKARTA | Herlina | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PROMOSI ONLINE DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI JAKARTA

Elin Herlina, Heru Mulyanto

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui peran kepercayaan dalam memediasi promosi online dan brand image terhadap loyalitas mahasiswa. Penelitian dilakukan pada mahasiswa perguruan tinggi di jakarta. Sampel diambil dengan metode random sampling dengan membagikan kuesioner kepada 87 mahasiswa. Data dari kuesioner dianalisis menggunakan software Smart-PLS. Promosi Online berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Brand Image berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas. Kepercayaan memediasi promosi online secara positif pada loyalitas. Kepercayaan memediasi secara positif brand image pada loyalitas. Berdasarkan temuan tersebut, untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa, disarankan agar institusi meningkatkan kepercayaan mahasiswa dengan meningkatkan Promosi Online dan Brand Image.

 

Kata kunci: brand image, kepercayaan, loyalitas, promosi online

 

 

ABSTRACT

 

This research is to determine the role of trust in mediating the influence of online promotion and brand image on student loyalty. Research was conducted on students at universities in Jakarta. Samples were taken using the random sampling method by distributing questionnaires to 87 students. Data from the questionnaire was analyzed using smart PLS software. This study resulted in findings that: 1) Online Promotion positively affects trust; 2) Brand Image positively affects trust; 3) Trust positively affects loyalty; 4) Trust mediates online promotion positively on loyalty; 5) Trust positively mediates brand image on loyalty. To increase student loyalty, it is recommended that institutions increase student trust by increasing Online Promotion and Brand Image.

 

Keywords: brand image, loyalty, online promotion, trust

.                                                                                            


Full Text:

PDF

References


Agusti, M., & Utari, W. (2020). Analisis Pengaruh Promosi dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung dengan Kepercayaan sebagai Variabel Perantara (Studi pada Wisatawan Desa Wisata Energi Migas Teksas Wonocolo di Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 804-818.

Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). urnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), 171-177.

Basuki, K., & Dewi, N. (2016). Media Pembelajaran. . Bogor: Ghalia Indonesia.

Dewi, E. F. (2009). Market dan Psikologi Konsumen. . Yogyakarta: Graha ilmu.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Hurriyati, R. (2014). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. . Bandung: Alfabeta.

Kabani, S. H. (2012). The Zen of Social Media Marketing. Texas: BenBella Books.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, . Texas: Pearson Education,Inc.

Lestari, N. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening. Doctoral Dissertation. Salatiga: IAIN.

Marakanon, L., & Panjakajornsak, V. (2017). Perceived quality, perceived risk and customer trust affecting customer loyalty of environmentally friendly electronics products. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 24-30.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Muriza, e. T. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Promosi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Ramayana Padang. Horizon, 1(2), 294-304. Horizon, 1(2), 294-304. doi:10.22202/horizon.2021.v1i2.4800

Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109-120. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2

R. R. Febriani, R. R., & Sudaryanto, B. (2018). Pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian pada toko online (Studi pada konsumen OLX. co. id di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 314-324.

Rasak, A., Baheri, J., & Ramadhan, M. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kendari. Sigma: Journal of Economic and Business, 1(2), 10 - 20.

Saputra, A., Alwie, A. F., & Widayatsari, A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Donatur Dompet Dhuafa Riau. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 70-84. doi:http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v31i1.10040

Sharma, P. B. (2020). Effect of Brand Image on Customer Loyality. The Mediating Role of Customer Satisfaction and Service Delivery. International Journal of Advanced Research in Engineering and Technologi (IJARET), 11(6), 1107-1114.

Sutisna. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. . Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Yudhistira, V., & Patrikha, F. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Kepercayaan Sebagai Mediator (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1237-1243.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v19i2.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor