ALTERNATIF STRATEGI PENGEMBANGAN WIRASWASTA DI SEKTOR PARIWISATA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan keberhasilan wiraswasta. Selain itu menentukan strategi pengembangan wiraswasta di sektor pariwisata.
Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Data yang digunakan didapat dari para pakar di bidang wiraswasta dan wawancara dengan turis lokal dan asing yang datang di Cengkareng Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan berwiraswasta ditentukan oleh motivasi 50%, jujur 20%, berani menangambil risiko 10%, melihat peluang 10%, dan bersyukur 10%. Alternatif strategi: Pantai 60%, Budaya 20%, Flora dan Fauna 20%.
ÂÂ
Kata Kunci: Strategi, Wiraswasta, Sektor PariwisataFull Text:
PDFReferences
Asih, Kuswardinah. (2010). Menguatkan Sikap Tindak Wirausaha Melalui Pendidikan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Semarang 2010.
Ayuningtiasyayi. (2013). Hubungan antara Jiwa Wiraswasta dengan Kemampuan Pegawai di Kantor Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.
Badan Pusat Statistik. (2014). Data Wiraswasta di Asia.
Gondo, Irawan., Berto Mulia Wibawa. (2015). Analisa Peta Risiko Pengeboran di Wilayah Asset PT. Pertamina.
Koan. (2014). Artikel Kisah Pengusaha Kecil yang Sukses.
Saaty, Thomas. (1994). The Analytic Hierarchy Process, Expert Choice.
Utaminindita. (2010). Kewirausahaan dan Usaha Kecil.
Weber, Max. (2006). Manajemen Pemasaran.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i1.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor