https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://dukcapil.wajokab.go.id/demo/ https://ict2u.polije.ac.id/fonts/thailand/ https://event.umj.ac.id/files/sloy-gacor/ https://event.umj.ac.id/foto_berita/demo/
RESPON PENGGUNA JALAN TERHADAP KEBERADAAN PASAR KAGET DI JALAN AKSES CIKEAS-CIMANGGIS | Mulyana | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

RESPON PENGGUNA JALAN TERHADAP KEBERADAAN PASAR KAGET DI JALAN AKSES CIKEAS-CIMANGGIS

Dede Mulyana, Pamuji Widodo, Cecep Cecep

Abstract


Pasar merupakan salah satu tempat terlaksananya transaski antara penjual dan pembeli, baik dengan pedagang atau petani atau dengan para penjual yang berada di pasar. Di Cikeas-Cimanggis setiap hari minggu terdapat sebuah kegiatan yang rutin dilaksanakan yaitu adanya pasar kaget. Pasar kaget yaitu pasar yang ketersediaannya hanya dalam waktu-waktu tertentu saja dan lokasi keberadaannya tertentu juga yang ramai dengan para pengguna jalan. Ketersediaan pasar kaget yang terletak di akses Cikeas-Cimanggis dimana memiliki dampak langsung terhadap masyarakat sekitar dan juga bagi para pengguna jalan. Tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang respon masyarakat akan keberadaan pasar kaget di sekitar para pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan sebuah metode kualitatif yaitu dengan melakukan survei primer berupa kuisioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan study pustaka. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dimana terdapat respon yang positif dan respon negatif terhadap adanya dan keberadaannya pasar kaget yang berupa antusias dari masyarakat yang membeli kebutuhan dilokasi tersebut.

 

Kata kunci: pasar, pasar kaget, pengguna jalan, respon

 

ABSTRACT

 

The market is one of the places where transactions are carried out between sellers and vendees, either with traders or farmers or with sellers in the market. In Cikeas-Cimanggis every Sunday there is a fray that is routinely carried out, namely the shaped market. So the shaped market is a market where its availability is only at that time and a certain place of existence is also where it is teeming with road users. The availability of the shaped market which is located in the Cikeas-Cimanggis access which has a direct leverage on the peripheral community and also for road users. The expect or purpose of this research is to find out about the response of the surrounding environment to the existence of a shaped market around road users. In this study, a qualitative method was used, define by conducting a primary survey in the form of questionnaires, observations, interviews, documentation and literature study. And the conclusion in this study is where there is a positive response and a negative response to the existence and existence of a shaped market in the form of enthusiasm from the people who buy necessities at that location.

 

Keywords: market, shaped market, response, road users


Full Text:

XML

References


Hantono, D., & Ariantantrie, N. (2018). Kajian Ruang Publik dan Isu yang Berkembang di dalamnya. Vitruvian, 8(1), 43–48. https://doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.005

Hardika, W. (2010). Keberadaan dan Perkembangan Pasar Kaget Rawajati Jakarta. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nurul, D. (2014). Dampak Keberadaan Pasar Kaget terhadap Perubahan Kehidupan Sosial – Ekonomi Masyarakat Desa. Skripsi. Unversitas Pendidikan Indonesia

Syahrier, F., & Indrawati. (2015). Respon Masyarakat terhadap Keberadaan Pasar Kaget di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekan Baru. Jurnal Online Mahasiswa, 2(1).

Susanti, M. (2015). Pasar Kaget Terhadap Pemberdayaan Pedagang Kecil di Jatibarang. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Tarwiyani, T., Arnesih, Hutagaol, N. M. (2017). Fenomena Pasar Kaget di Kota Batam Tahun 1980-2015 (Sebuah Tinjauan Historis). Dimensi, 6(1), 48-62.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v18i1.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor