PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ALFAMIDI DI JAKARTA

Joni Heruwanto, Khusniawati Khusniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor lokasi, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamidi jalan Blora Menteng Jakarta Pusat.

Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu lokasi, harga dan promosi yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, dan analisis Koefisien Determinasi (R2), Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, dengan menggunakan SPSS versi 16.

Hasil penelitian menunjukan harga, lokasi dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamidi jalan Blora Menteng Jakarta Pusat secara simultan. Hasil analisis data uji simultan menunjukan bahwa lokasi, dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Karena harga bila ditunjang dengan  lokasi yang mudah dijangkau dan promosi yang menarik akan menimbulkan minat beli konsumen. Namun secara parsial harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukan bahwa harga yang terjagkau jika tidak didukung oleh lokasi yang mudah dijangkau dan promosi yang menarik akan memberikan penurunan terhadap minat beli konsumen.

 

Kata Kunci: Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian : suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketigabelas. PT. Rineka Cipta, Jakarta

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press, Jakarta.

Berman, Barry and Joel R. Evans. 2001. Retail Management: Strategic Apprach. Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River

Boone, Louis E. David I, and Kurtz. 2002. Pengantar Bisnis Edisi 2000 diperbaharui Alih Bahasa Fadriansah Anwar. Erlangga Jilid 2, Jakarta

Cummin, Julian and Roddy Mullen diterjemahkan oleh Andreas Haryono.2004. Sales Promotion. PPM, Jakarta

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Fure, Hendra. 2013. Lokasi Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBFE USRM, Manado

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT Prenhallindo, Jakarta

Levy & Weitz. 2001. Retailing Management 4th edition. Mc. Graw Hill Irwin, New York.

Levy & Weitz. 2012. Retailing Management. Mc. Graw Hill Irwin, New York

Lupioyadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta

Ma'ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian, Cetakan Ke Lima. Ghalia Indonesia, Jakarta

Imam Ghozali, M.Com., Akt. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP Universitas Diponegoro, Semarang

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Pustaka, Surabaya

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana, Jakarta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor

Swastha, Basu. 2003. Azas- Azas Marketing. Liberti, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy.2012. Service Management Menuju Layanan Prima. Andi, Yogyakarta

T. Hani Handoko, 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, hal 107

Umar, Husein. 2005. Riset SDM Dalam Organisasi. Edisi Revisi Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor