PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ALFAMIDI DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor lokasi, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Alfamidi jalan Blora Menteng Jakarta Pusat.
Penelitian ini menguji tiga variabel independen yaitu lokasi, harga dan promosi yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, dan analisis Koefisien Determinasi (R2), Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, dengan menggunakan SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukan harga, lokasi dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamidi jalan Blora Menteng Jakarta Pusat secara simultan. Hasil analisis data uji simultan menunjukan bahwa lokasi, dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Karena harga bila ditunjang dengan lokasi yang mudah dijangkau dan promosi yang menarik akan menimbulkan minat beli konsumen. Namun secara parsial harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukan bahwa harga yang terjagkau jika tidak didukung oleh lokasi yang mudah dijangkau dan promosi yang menarik akan memberikan penurunan terhadap minat beli konsumen.
ÂÂ
Kata Kunci: Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchori. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian : suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketigabelas. PT. Rineka Cipta, Jakarta
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press, Jakarta.
Berman, Barry and Joel R. Evans. 2001. Retail Management: Strategic Apprach. Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River
Boone, Louis E. David I, and Kurtz. 2002. Pengantar Bisnis Edisi 2000 diperbaharui Alih Bahasa Fadriansah Anwar. Erlangga Jilid 2, Jakarta
Cummin, Julian and Roddy Mullen diterjemahkan oleh Andreas Haryono.2004. Sales Promotion. PPM, Jakarta
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Fure, Hendra. 2013. Lokasi Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBFE USRM, Manado
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT Prenhallindo, Jakarta
Levy & Weitz. 2001. Retailing Management 4th edition. Mc. Graw Hill Irwin, New York.
Levy & Weitz. 2012. Retailing Management. Mc. Graw Hill Irwin, New York
Lupioyadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta
Ma'ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian, Cetakan Ke Lima. Ghalia Indonesia, Jakarta
Imam Ghozali, M.Com., Akt. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP Universitas Diponegoro, Semarang
Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Pustaka, Surabaya
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana, Jakarta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor
Swastha, Basu. 2003. Azas- Azas Marketing. Liberti, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy.2012. Service Management Menuju Layanan Prima. Andi, Yogyakarta
T. Hani Handoko, 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, hal 107
Umar, Husein. 2005. Riset SDM Dalam Organisasi. Edisi Revisi Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor