KUALITAS LAYANAN DALAM MEMPENGARUHI KOMITMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN CEPAT SAJI

Pitria Pitria, Heru Mulyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yaitu kehandalan dan fasilitas sebagai elemen dari kualitas layanan terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan Restoran Cepat Saji.

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang diberikan oleh 150 pelanggan restoran cepat saji KFC Cikeas. Data penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software IBM-AMOS versi 20.

Penelitian menghasilkan temuan bahwa model struktural pengaruh Kehandalan dan Fasilitas Terhadap Komitmen serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan KFC Cikeas diterima sebagai model struktural yang baik/layak dengan persamaan regresi linier ganda standardized KOM = 0.416HDL + 0.154FAS, Errorvar.= 0.23  , R² = 0.77 dan LP =  0.666KOM, Errorvar.= 0.44, R² = 0.56. Kehandalan berpengaruh dengan arah positif terhadap komitmen dan berdampak pada loyalitas pelanggan, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap komitmen sehingga tidak berdampak pada
loyalitas pelanggan.

Model struktural pengaruh kehandalan dan fasilitas terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas KFC Cikeas dapat dijadikan landasan kebijakan restoran cepat saji baik KFC Cikeas maupun organisasi sejenis lainnya dalam rangka
meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun demikian, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model dan pengukuran secara lebih rinci ataupun obyek berbeda.

Kata Kunci: Kualitas layanan, Kehandalan, Fasilitas, Komitmen, Loyalitas


Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A., Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006

Fure, Hendra., Lokasi, keberagaman produk, harga dan Kualitas pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca, E-Jurnal Universitas Sam Ratulangi. 2013.

Ghozali, I., Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006

Hakim, A., dan Kartajaya, H., Supply Chain Economic, Andi Offset. Yogyakarta, 2012

Hermawan, A., Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo, 2006

Kotler, P., dan Keler, Kevin, K., Manajemen Pemasaran, Edisi 12, PT. Indeks. Jakarta. 2007

Kotler, P., Manajemen Pemasaran, Edisi 11, PT. Indeks. Jakarta. 2005

Kotler, Philip., Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. 1995

Lovelock, C., Wirtz, J., dan Mussry, J., Pemasaran Jasa – Manusia, Teknologi, Strategi, Edisi Ketujuh, Erlangga, 2010

Mulyanto, H., dan Wulandari, A., Penelitian: Metode dan Analisis, CV.Semarang: CV Agung, 2010

Samosir, Zahra, Z., Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU, Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Universitas Sumatera Utara, Vol. 1, No.1, Juni 2005

Setiawan, I.A., dan Ritonga, F., Analisis Jalur (Path Analysis) Dengan Menggunakan Program AMOS, Edisi Pertama. Suluh Media. Tangerang, 2011

Tjiptono, F., Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset.Yogyakarta, 2001

Umar, H., Riset: SDM, Pemasaran, Keuangan, Strategi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor