KUALITAS LAYANAN DALAM MEMPENGARUHI KOMITMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN CEPAT SAJI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yaitu kehandalan dan fasilitas sebagai elemen dari kualitas layanan terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan Restoran Cepat Saji.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data penelitian diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang diberikan oleh 150 pelanggan restoran cepat saji KFC Cikeas. Data penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software IBM-AMOS versi 20.
Penelitian menghasilkan temuan bahwa model struktural pengaruh Kehandalan dan Fasilitas Terhadap Komitmen serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan KFC Cikeas diterima sebagai model struktural yang baik/layak dengan persamaan regresi linier ganda standardized KOM = 0.416HDL + 0.154FAS, Errorvar.= 0.23 , R² = 0.77 dan LP = 0.666KOM, Errorvar.= 0.44, R² = 0.56. Kehandalan berpengaruh dengan arah positif terhadap komitmen dan berdampak pada loyalitas pelanggan, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap komitmen sehingga tidak berdampak pada
loyalitas pelanggan.
Model struktural pengaruh kehandalan dan fasilitas terhadap komitmen serta dampaknya terhadap loyalitas KFC Cikeas dapat dijadikan landasan kebijakan restoran cepat saji baik KFC Cikeas maupun organisasi sejenis lainnya dalam rangka
meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun demikian, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model dan pengukuran secara lebih rinci ataupun obyek berbeda.
Kata Kunci: Kualitas layanan, Kehandalan, Fasilitas, Komitmen, Loyalitas
Full Text:
PDFReferences
Ferdinand, A., Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006
Fure, Hendra., Lokasi, keberagaman produk, harga dan Kualitas pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca, E-Jurnal Universitas Sam Ratulangi. 2013.
Ghozali, I., Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006
Hakim, A., dan Kartajaya, H., Supply Chain Economic, Andi Offset. Yogyakarta, 2012
Hermawan, A., Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo, 2006
Kotler, P., dan Keler, Kevin, K., Manajemen Pemasaran, Edisi 12, PT. Indeks. Jakarta. 2007
Kotler, P., Manajemen Pemasaran, Edisi 11, PT. Indeks. Jakarta. 2005
Kotler, Philip., Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. 1995
Lovelock, C., Wirtz, J., dan Mussry, J., Pemasaran Jasa – Manusia, Teknologi, Strategi, Edisi Ketujuh, Erlangga, 2010
Mulyanto, H., dan Wulandari, A., Penelitian: Metode dan Analisis, CV.Semarang: CV Agung, 2010
Samosir, Zahra, Z., Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU, Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Universitas Sumatera Utara, Vol. 1, No.1, Juni 2005
Setiawan, I.A., dan Ritonga, F., Analisis Jalur (Path Analysis) Dengan Menggunakan Program AMOS, Edisi Pertama. Suluh Media. Tangerang, 2011
Tjiptono, F., Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Offset.Yogyakarta, 2001
Umar, H., Riset: SDM, Pemasaran, Keuangan, Strategi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v13i1.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor