Worksop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Puzzle di SD Negeri 1 Kekeri

Heri Setiawan, A. Hari Witono, Heri Hadi Saputra, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Baiq Niswatul Khair

Abstract


Guna mendukung pembelajaran yang aktif dan kreatif, guru dapat memperkuat berbagai komponen yang digunakan dalam pembelajaran. Salah satu aspek tersebut yaitu media pembelajaran. Faktanya, banyaknya guru yang tidak memahami media pembelajaran tematik sehingga menginspirasi Dosen PGSD UNRAM yang telah memiliki ilmu turut serta aktif untuk mensosialisasikannya. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dosen PGSD UNRAM melakukan worksop pembuatan media berbasis permainan puzzle. Kegiatan pengabdian akan terdiri dari dua sesi yaitu sosialisasi konsep media pembelajaran berbasis puzzle, serta pelatihan pembuatan media berbasis permainan puzzle. Dengan kegiatan workshop tersebut, diharapkan guru-guru akan memiliki bekal untuk membuat media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas. Pengabdian dilaksanakan di SDN Kekeri pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 dengan peserta sejumlah 13 orang. Kegiatan dilaksanakan dalam 4 sesi yaitu pembukaan, pemaparan materi, Tanya jawabm serta praktik pembuatan media pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa pesreta mengalami peningkatan pemahaman dalam memahami konsep, jenis, fungsi, manfaat, serta prinsip pemilihan dang pengembangan media pembelajaran di SD. Faktor pendukung yaitu: (1) kemauan guru belajar sangat tinggi; (2) keingitahuan guru terhadap hal baru besar; (3) motivasi dan dorongan untuk terus belajar dari pimpinan sekolah; dan (4) factor pengalaman penggunaan media. faktor penghambat pelaksanaan pengabdian ini yaitu. (1) masih terbatasnya sarana pendukung di lapangan; (2) guru dengan factor usia (senior); dan (3) waktu praktik yang cukup singkat.

Keywords


media pembelajaran, puzzle, sekolah dasar

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698–704. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.320.

Arsi, A. A. (2010). Puzzle sebagai Media Pembelajaran Inovatif Mata Pelajaran IPS bagi Guru-guru SD/MI di Kebumen. Jurnal Abdimas, 14(1).

Azima, M. F. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 48-52.

Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana, 2(2), 38-44.

Ermiana, I., Umar, U., Oktaviyanti, I., Fauzi, A., Hidayati, V. R., & Setiawan, H. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik Di SD Negeri 1 Tamansari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Husna, N., Sari, A. S., dan Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05 (01), p. 66-71.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192-201.

Lukitaningsih, T. (2015). Peningkatan pencapaian kompetensi siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Paron pada materi sistem pencernaan manusia dengan pendekatan saintifik melalui media puzzle. Jurnal Florea, 2(1):5-12.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di madrasah ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55.

Rahmani, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Media Puzzle Geometri untuk Kemampuan Geometri Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 156-161.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada press.

Siregar, H. (2016). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1.

Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 224-228.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112.

Wedham, I. W. B. M., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Melatih Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 SDN 1 Jagaraga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Wahyuni, N., & Yolanita, I. (2010). Pemanfaatan media puzzle metamorfosis dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(2), p. 1-12.

Zakarya, Y. N., Dewi, E. I., & Susanto, T. (2016). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember (The Effect of Hands Washing Training with Puzzle Method to Ability to Wash Hands of Children with. Pustaka Kesehatan, 4(3), 563-567.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.