Worksop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Puzzle di SD Negeri 1 Kekeri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698–704. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.320.
Arsi, A. A. (2010). Puzzle sebagai Media Pembelajaran Inovatif Mata Pelajaran IPS bagi Guru-guru SD/MI di Kebumen. Jurnal Abdimas, 14(1).
Azima, M. F. (2019). Pengembangan Dan Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD IT Di Bandar Lampung. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 1(02), 48-52.
Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana, 2(2), 38-44.
Ermiana, I., Umar, U., Oktaviyanti, I., Fauzi, A., Hidayati, V. R., & Setiawan, H. (2020). Workshop Pembuatan Media Puzzle Berbahan Kardus Bekas Berbasis Tematik Di SD Negeri 1 Tamansari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(3).
Husna, N., Sari, A. S., dan Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05 (01), p. 66-71.
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192-201.
Lukitaningsih, T. (2015). Peningkatan pencapaian kompetensi siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Paron pada materi sistem pencernaan manusia dengan pendekatan saintifik melalui media puzzle. Jurnal Florea, 2(1):5-12.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di madrasah ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55.
Rahmani, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Media Puzzle Geometri untuk Kemampuan Geometri Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 156-161.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada press.
Siregar, H. (2016). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1.
Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 224-228.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.
Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 259-270.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112.
Wedham, I. W. B. M., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Melatih Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 SDN 1 Jagaraga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).
Wahyuni, N., & Yolanita, I. (2010). Pemanfaatan media puzzle metamorfosis dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Sawunggaling I/382 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(2), p. 1-12.
Zakarya, Y. N., Dewi, E. I., & Susanto, T. (2016). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember (The Effect of Hands Washing Training with Puzzle Method to Ability to Wash Hands of Children with. Pustaka Kesehatan, 4(3), 563-567.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimas IPWIJA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.