Pelatihan TikTok Affiliate Untuk Peningkatan Pendapatan Karang Taruna Rusunawa Putri Cempo Surakarta

Siti Aminah, Hesti Hasmarani, Nina Trisnawati, Ali Zainal Abidin

Abstract


Berdasarkan analisis situasi diketahui bahwa remaja karang taruna di daerah Rusunawa Putri Cempo, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah sebanyak 92.6% belum mengetahui tentang program TikTok Affiliate. Pengabdian ini menggunakan metode memberikan pelatihan kepada para remaja karang taruna. Tujuan dari program ini yaitu membantu remaja karang taruna meningkatkan pengetahuan serta keterampilan menghasilkan pendapatan tambahan secara online melalui platform TikTok dengan memberi pelatihan penggunaan TikTok Affiliate. TikTok Affiliate merupakan program yang dikeluarkan secara resmi oleh aplikasi TikTok. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat: (1) Pengenalan platform TikTok dan TikTok Shop Affiliate; (2) Pelatihan kepada remaja dan praktik membuat akun TikTok Shop Affiliate dan (3) Memberikan tips dan trik membuat konten promosi yang menarik serta (4) Memberikan strategi untuk meningkatkan pendapatan di TikTok dengan cara menjual produk.  Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah pengetahuan tentang TikTok dan TikTok Affiliate meningkat, remaja mampu membuat akun TikTok Shop dan mempunyai keinginan menjadi konten kreator. Pelatihan TikTok Affiliate pada remaja karang taruna Rusunawa Putri Cempo berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam memanfaatkan aplikasi TikTok untuk menghasilkan pendapatan secara online, pelatihan ini diharapkan dapat membantu remaja karang taruna meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka melalui program TikTok Affiliate.


Keywords


Pelatihan, Pendapatan, TikTok Affiliate, Remaja

References


Saputri, M. E., & Abidin, A. Z. (2023). Literature Study of the Role of MSMEs in Increasing Economic Growth and Unemployment in Central Java. Medan International Conference Economics and Business, 1412.

Pujianto, D., Kadarsih, Novriani, D., Vona, B. O., Lestari, E. L., Kesuma, A. B., & Apsyari, F. A. (2023). Pelatihan Bisnis Afiliasi TikTok Pada Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan. Journal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2), 150-151.

Diarya, A. F., & Raida, V. (2023). Pengaruh Live Streaming TikTok Terhadap Kepercayaan Konsumen Produk Jims Honey di Surabaya dan Dampaknya Pada Keputusan Konsumen. Journal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 125-126.

Bata, E. S. (2023, Mei). Strategi Affiliate Marketing pada Sistem Informasi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru. Journal Informatic Technology And Communication, 7(1), 2.

Agistiani, R., Rahmadani, A., Hutami, A. G., Kamil, M. T., Achmad, N. S., Rozak, R. W., & Mulyani, H. (2023). Live-streaming TikTok: Strategi mahasiswa cerdas untuk meningkatkan pendapatan di era digitalisasi. Journal Of Management and Digital Business, 3(1), 2.

Kadarsih, K., Pujianto, D., & Safaruddin, S. (2024). Pelatihan Menghasilkan Uang Secara Online dengan Bisnis Afiliasi untuk Siswa Magang SMK di Kampus Universitas Mahakarya Asia. Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat(ALKHIDMAH), 259-268.

Juwita, R., & Sutabri, T. (2024). Analisis Dampak Penggunaan dan Kebermanfaatan Aplikasi Tik Tok Dalam Membangun Bisnis Menggunakan Metode Usability. Volume 2 Nomor 2 Tahun 2024.

Khaer, R., Firmansyah, A., & Wahyudin, E. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Afiliasi TikTok pada Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.