Pelatihan Kemasan Ramah Lingkungan Pada UMKM Desa Pasirukem, Kabupaten Karawang Environmentally Friendly (Eco-Friendly) Packaging Training for MSMEs in Pasirukem Village, Karawang Regency

Indrajit Wicaksana, Satriyo Restu Adhi, Yuridistya Primadhita, Susilowati Budiningsih

Abstract


ABSTRAK

Desa Pasirukem merupakan salah satu desa terkecil di Kabupaten Karawang. Sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas usaha dengan skala rumahan atau biasa dikenal home industry. Desa Pasirukem memiliki kelompok ibu-ibu yang secara bersama-sama menghasilkan produk aneka kue basah. Selama ini, proses pembuatan aneka kue basah yang dihasilkan oleh kelompok ibu-ibu di Desa Pasirukem masih berlangsung secara tradisional mulai dari proses produksi, pengemasan, dan penjualannya. Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk sosialisasi usaha ramah lingkungan dan pelatihan pembuatan kemasan ramah lingkungan di Desa Pasirukem. Program ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya ekonomi hijau bagi keberlangsungan pemberdayaan ekonomi dan kehidupan masyarakat.

 

ABSTRACT

Pasirukem Village is one of the smallest villages in Karawang Regency. Most people carry out business activities on a home scale or commonly known as home industry. Pasirukem Village has a group of women who work together to produce various wet cake products. So far, the process of making various wet cakes produced by a group of women in Pasirukem Village still takes place traditionally, starting from the production, packaging and sales processes. The community service program is carried out in the form of outreach and training on making environmentally friendly packaging in Pasirukem Village. It is hoped that this program will increase public knowledge and awareness of the importance of the green economy for sustainable economic empowerment and community life.


Keywords


ekonomi hijau, kemasan hijau, pemberdayaan ekonomi, ramah lingkungan, UMKM, green economy, green packaging, economic empowerment, environmentally friendly, MSMEs

References


Fianda, A.Y.A., Fandinny, I., Kacaribu, L.N.B., Desyani, N.A., Asyifa, N., Wijayanti, P. (2022). Eco-friendly Packaging: Preferensi dan Kesediaan Membayar Konsumen di Marketplaces. Jurnal Ilmu Lingkungan. 20(1), 147-157. https://doi.org/10.14710/jil.20.1.147-157

Pasaribu, M.K.N., Larasati, A.N., Siahaan, D.F., Manik, B. (2023). Upaya peningkatan penjualan pada UMKM tahu sumedang Putri Deli Medan melalui kemasan ramah lingkungan dan strategi digital marketing. Bima Abdi, 3(1), 57-67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275.

Primadhita, Y. Budiningsih, S., Wicaksana, I. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan dan Minuman. Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 49-61. https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.979

Putranti, H.R.D., Suparmi. (2016). Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Konsumen AMDK Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 87-98.

Soedarso, Utomo, C, Suryani, A, Endarko, Ahmad, I.S. (2023). Peningkatan pendapatan UMKM di Kabupaten Lumajang melalui pendampingan kemasan dan pemasaran produk. Sewagati, 7(3), 297-305. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.466.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.