Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan pada GoFood
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan dan loyalitas pelanggan GoFood. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas Pelita Bangsa prodi manajemen angkatan 2017. Teknik sampling yang dipakai pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) program Smart PLS 3.3.3. Hasil penelitian menerangkan bahwa promosi tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian namun berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian namun tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Keputusan pembelian memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
This study aims to examine the influence of promotion and brand image on GoFood customer decisions and loyalty. The method in this study is a quantitative approach using a questionnaire as a research instrument. The population in this study is students of Pelita Bangsa University management study program class of 2017. The sampling technique used in this study is non-probability sampling with purposive sampling technique. The data analysis method uses Structural Equation Modelling (SEM) of the Smart PLS 3.3.3 program. The results of the study explain that promotions do not have an influence on purchase decisions but affect customer loyalty. Brand image has an effect on purchasing decisions but has no effect on customer loyalty. Purchasing decisions have an influence on customer loyalty.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Catriana, Elsa. 2020. Riset: Konsumen yang Dine In Turun Drastis, Layanan Delivery Meningkat Tajam. https://money.kompas.c om/read/2020/04/15/17301962 6/riset-konsumen-yang-dine-in- turun-drastis-layanan-delivery- meningkat-tajam.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Universitas Diponegoro Semarang.
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling, Metode alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4. Univeristas Diponegoro. Semarang.
Hartono, J. M., & Abdillah W. 2014. Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk penelitian Empiris, Edisi Pertama. Cetakan Kedua. BPFE.
https://money.kompas.com/rea d/2020/09/28/112458126/belan ja-online-meningkat-sektor- logistik-panen-untung.
Hussein, A. S. 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.
Mulyanto, H. & Wulandari, A. 2010. Penelitian: Metode & Analisis, Semarang: CV Agung
Mulyanto, H., Ashanti, A., Andriyani, M., & Nugroho, A.T. (2020). Loyalitas Mahasiswa: Dampak Persepsi Bauran Komunikasi Terhadap Proses Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2). http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v17i2.485
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE). 1(1) Februari, 1-10 ISSN 2716-4128.
Putri, S. B., & Mulyanto, H. (2023). Popularitas Ambassador Merek, Iklan Digital dan Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen: The Popularity of Brand Ambassadors, Digital Advertising and Brand Image in Increasing Consumer Buying Interest. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(01), 49 - 62. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i01.395
Safitri, K. 2020. Belanja Online Meningkat, Sektor Logistik Panen Untung.
Sasongko, Y. A. T.. 2021. Catatan Apik di Tengah Pandemi, Pendapatan GoFood Naik 20 Kali Lipat. https://money.kompas.com/rea d/2021/01/25/191200726/catata n-apik-di-tengah-pandemi- pendapatan-GoFood-naik-20- kali-lipat.
Setiawan, D. 2021. Riset CLSA: Pelanggan Go-Food lebih dominan dibandingkan kompetitor. https://industri.kont an.co.id/news/riset-clsa- pelanggan-go-food-lebih- dominan-dibandingkan- kompetitor
Setyaleksana, B. Y., Suharyono & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 46 No.1.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa Vol. 05 No. 03
Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan GoFood di Kota Solo. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 8(1), 70-78.
Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068
Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Matik. Volume 10, No. 3, Desember 2018, pp.220-227 e-ISSN: 2502 5449 p-ISSN: 2085-2266.
Zhafira, A. N. 2021. Promosi Dan Diskon Jadi Andalan Untuk Berbisnis Kuliner Secara Daring.https://www.antaranews.com/berita/2073594/promosi- dan-diskon-jadi-andalan-untuk- berbisnis-kuliner-secara-daring
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v25i2.596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.