Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Lembaga Kursus Bahasa Sentra Lingua Depok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kesadaran merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen penyedia jasa kursus bahasa Sentra Lingua Depok. Penelitian ini dilakukan mulai Maret 2020 dengan bantuan Google Formulir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa yang sedang atau pernah menempuh pendidikan di Sentra Lingua Depok. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari 50 responden melalui kuesioner tentang kesadaran merek dan harga. Metode pengujian instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Kesadaran merek, persepsi  harga, keputusan pembelian
Â
The Influence of Brand Awareness and Prices Perception on Purchasing Decisions at the Language Course Institute Lingua Sentra, Depok
ABSTRACT
This study aims to determine whether there is an influence of brand awareness and price perception on the purchasing decisions of consumers at the language course Institute Lingua Sentra Depok. This research was conducted in March 2020 with the help of the Google Form application. The population in this study is students and their parents who are currently or have studied at Sentra Lingua Depok. Sampling using random sampling. The research data were obtained through questionnaires regarding brand awareness and price to 50 respondents. The instrument testing method used is validity and reliability testing. The data analysis technique used is quantitative using SPSS Statistics 22. The results showed that brand awareness and price perception have a positive and significant influence on purchasing decisions.
Keywords: Brand awareness, price perception, purchasing decisions.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, T. (2013), Manajemen Pemasaran. Jakarta, Rajawali Pers
Alwi, T., & Handayani, E. (2018), Keunggulan Bersaing UKM yang dipengaruhi oleh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk, Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 20. Jilid 3, LP2M STIE IPWI Jakarta, DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256
Cahyani, K. I., Sutrasmawati R. E. (2016), Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian, Management Analysis Journal 5 (4), hal 281-288
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jamaludin, A., Arifin, Z., Hidayat, K. (2015), Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 21 No. 1 April , hal. 1-8.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta, Erlangga
Lie G., Wenas, R.S., (2017, Pengaruh Bauran Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sparkle The Organizer Manado, Jurnal EMBA Vol.5 No.3 September 2017, Hal. 3694-3703
Mullins, J., Walker, O.C., Boyd, H.W. & Larreche, J.C. (2005). Marketing
Management: A Strategic Decision– Making Approach. New York: McGraw–Hill
Rositter, J.R., Percy, L. (2007). Advertising and Promotion
Management. New York: McGrawHill.
Schiffman & Kanuk, (2008). Perilaku konsumen Edisi 7. Jakarta, Indeks.
Shimp, T.A. (2010), Advertising, Promotion, & other aspects of
Integrated Marketing Communication, 8th Edition. South-Western: Cengage
learning
Singarimbun, M., & Efendi, S. (2008). Metode Penelitian Survey. Jakarta, LP3ES.
Suciningtyas, W. (2012), Pengaruh Brand Awareness, Brand Image,
Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian, Management Analysis Journal Vol. 1, No. 1, Universitas Negeri Semarang
Sugiyono, (2012), Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung,Alfabeta.
Taufik, T., Ayuningtyas, E.A. (2020), Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online, Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol. 22 No.1, Hal 21-32, LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, DOI:http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta. Andi.
Wianti, W., Supeno, W., Putri I.K. (2019) Pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada PT Gramedia Asri, Jurnal STEI Ekonomi Vol.26 No. 02, hal 280-307
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i3.473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.