PENGARUH PERSONAL SELLING DAN IKLAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH TEMPAT KULIAH

Ovilia Nasya Yuswanto, Anna Wulandari

Abstract


This research was conducted to determine the effect of personal selling and advertising on the decision process of students choosing where to study. The sample of this study was 78 students in the Gunung Puteri region, Bogor using the accidental sampling method. This research was conducted by distributing questionnaires to students as respondents. The analysis technique used is multiple linear regression. The study produces a model of multiple linear regression equation Y = 11,068 + 0,101 X1 + 0,607 X2 which is feasible to explain the effect of personal selling and advertising on the decision of students choosing a college. Personal Selling has no influence on the student's decision to choose where to study. Advertising has an influence on the decision process of students to choose a place of study in a positive direction. 

Keywords: Personal Selling, Advertising, Decision process.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan iklan terhadap proses keputusan mahasiswa memilih tempat kuliah. Sampel penelitian ini adalah 78 mahasiswa di wilayah Gunung Puteri, Bogor dengan metode accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda. Penelitian menghasilkan model persamaan regresi linier ganda Y = 11.068 + 0,101 X1 + 0,607 X2 yang layak untuk menjelaskan pengaruh personal selling dan iklan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah. Personal Selling tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih tempat kuliah. Iklan memiliki pengaruh terhadap proses keputusan mahasiswa memilih tempat kuliah dengan arah positif.

Kata kunci:Personal Selling, Iklan, Proses Keputusan


References


Ani, Susi. 2008. Pengaruh Media Iklan dan Kualitas Produk terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian. http://susianiumsu.blogspot.com. Diakses pada 17 November 2018.

Amalia, Rizki. 2018. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Minat Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

C, S.A. 2010. Personal Selling. https://communicationdomain.wordpress.com. Diakses pada 27 November 2018.

Fitria. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Fortunisa, Ananda dan Andrew Arief Agassi. 2012. Pesan Iklan Televisi dan Personal Selling:Alat Promosi untuk Peningkatan Keputusan Pembelian. http://jurnal.bakrie.ac.id. Diakses pada 20 Juli 2019.

Getrycia, Wanda. 2009. Jurnal STIE MD. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berisotonik Pocari Sweat. http://eprints.mdp.ac.id. Diakses pada 16 Agustus 2018.

Jayakusumah, Herdi. 2011. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi (Studi Kasus pada masyarakat Kota Bekasi). http://repository.uinjkt.ac.id. Diakses pada 15 November 2018.

Kotler, dkk. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : PT. Erlangga

___________. 2010. Personal selling. https://communicationmain.wordpress.com. Diakses pada 15 November 2018.

Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. 2010. Penelitian: Metode dan Analisis, Semarang: CV Agung.

Mulyanto, H., Rasipan, R., Andriyani, M. 2019. Reputasi Dalam Mendorong Kepercayaan dan Minat Beli Konsumen Produk Makanan UMKM di Cileungsi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 15, (02), p. LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekomi IPWI Jakarta, p-ISSN 1858-1048, e-ISSN 2654-9247, p. 121-130, DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i2.270 .

Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti, 2017, Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017, Jakarta: Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti, ISSN 2528 – 0252

Pusdatin Iptek Dikti, Setjen, Kemenristekdikti, 2018, Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018, Jakarta: Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti, ISSN 2528 - 0252

Rizan, Mohammad dan Yogha Anjarestu. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling terhadap Kepuasan Pelanggan pada Majalah Info Bekasi (Studi Kasus PT. SIBK). Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Diambil dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/779. (15 November 2018)

Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran & Unsur-Unsur Pemasaran, Ringkasan Praktis Teori & Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.

Syafitri, Aina. 2013. Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus pada Konsumen Jalan Ampera 1 Medan Helvetia). http://repository.usu.ac.id. Diakses pada 10 Juni 2019.

Umi, Eka. 2010. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Medan (Studi Kasus:Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan). https://library.pancabudi.ac.id. Diakses pada 14 November 2018.

Wardhana, Aditya, dan Iba Zainuddin. (2014). Jurnal Kebangsaan, Vol.3 No.5 Pengaruh Penjualan Personal terhadap Pengetahuan Produk dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil SUV Premium di Jawa Barat. Aceh: Universitas Almuslim Bireuen. https://ppsmm.ptkb-aceh.ac.id. Diakses pada 27 November 2018.

Winata, Wiliam. 2015. Pengaruh Iklan pada Media Televisi terhadap Minat Beli Es Krim Magnum di Kota Bandung. Bandung : Universitas Telkom.

Yusuf, Frengki. 2018. Pengaruh Promosi dan Brand Image Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta terhadap Minat Mendaftar Calon Mahasiswa di Kampus Utama Jalan Haji Baping Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v21i3.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA