ANALISIS KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA BERDASARKAN MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP KONSUMEN

Idham Maulana Oktora, Yoyo Indah Gunawan, Cecep Cecep

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen STIE IPWIJA. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda pada 100 responden yang sudah berstatus sebagai mahasiswa Program Studi Manajemen di STIE IPWIJA. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 16. Teknik yang digunakan untuk mencari sampel adalah insidental sampling, dan  data penelitian yang diuji meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian menggunakan uji f. Hasil penelitian bahwa variabel motivasi tidak ada pengaruh sedangkan variabel persepsi dan sikap konsumen ada pengaruh terhadap keputusan untuk menjadi mahasiswa baru pada Program Studi Sarjana Manajemen STIE IPWIJA.

 

Kata kunci: keputusan, motivasi, persepsi, sikap konsumen

 

ABSTRACT

 

This study aims to examine and analyze the influence of consumer motivation, perception, and attitude on the decision to become a student of the STIE IPWIJA Bachelor of Management Program. The data collection method used a questionnaire and the analysis technique used was multiple linear regression on 100 respondents who were already students of the STIE IPWIJA Management Undergraduate Program. Data analysis in this study used SPSS version 16. The sampling technique used was incidental sampling and data testing techniques used in this study included validity testing with correlation between scores, reliability testing with Cronbach alpha, classical assumption test, and multiple linear regression analysis, to test and prove the research hypothesis. The results showed that the motivational variables, perception variables and consumer attitudes influenced the decision to become a student of the STIE IPWIJA Management Undergraduate Program.

 

Keywords: consumer attitude, decision, motivation, perception


Full Text:

PDF

References


Adilang, A., Oroh, S. G., & Moniharapon, S. (2014). Persepsi, Sikap, dan Motivasi Hedonis terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion secara Online. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 561-570. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/4351

Agustini, S. (2018). Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Perawatan Jasa pada Klinik Kecantikan Hairless di Palembang. UIN Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10285

Anano, M., & Nainggolan, N. P. (2019). Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Jaringan Internet pada PT Telekomunikasi Indonesia di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 4.

Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2017) Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Jurnal Manajemen 9, 105–10. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN.

Kalputri, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal 2, 92–99. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319-324. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/284

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Kotler Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marlina, R. (2018). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada CV. Anugerah Kencana Motor Palembang. UIN Raden Fatah Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9803

Mawey, H. E. (2013). Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 791-801. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2807

Rosha, Z. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Bung Hatta Padang. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 15-22.

Saputra, R., & Semuel, H. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1-12.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen, edisi revisi. Jakarta: Kencana.

Sofiana, Y. (2019). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Rempah Rendang Cik Diah pada Masyarakat Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tompunu, M. M. M. (2014). Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 610-621. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5626




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v19i1.717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor