PENGARUH KOMPETENSI DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PEMERINTAHAN KECAMATAN
Abstract
Kurang optimalnya kualitas pelayanan di kecamatan Parung Kabupaten Bogor terjadi karena banya faktor yang berpotensi mempengaruhinya. Kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi merupakan dua diantara banyak faktor yang menarik untuk diangkat dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis besarnya pengaruh  kompetensi pegawai dan Manajemen Teknologi Informasi secara simultan terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.
Kompetensi pegawai, manajemen teknologi informasi dan kualitas pelayanan merupakan variabel pokok dalam penelitian. Pengukuran variabel dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 71 responden yang terdiri dari 21 responden pegawai dan 50 responden masyarakat. Analisis data dilakukan bertahap mulai dari uji instrumen variabel, deskripsi variabel sampai dengan analisis regresi linier sederhana dan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F pada taraf uji ï¡ = 5%.
Penelitian menghasilkan temuan bahwa: a) Kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor; b) Manajemen teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor; c) Kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di kecamatan Parung kabupaten Bogor.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan di kecamatan Parung Kabupaten Bogor dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi pegawai dan manajemen teknologi informasi secara bersama-sama.
ÂÂ
Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Manajemen Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan
Full Text:
PDFReferences
Agung, Y., 2006, 101 Konsultasi Praktis Pemasaran 2, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Ardiana, I.D.K.R., Brahmayanti, I.A., dan Subaedi, 2010, Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 12, No. 1, Maret 2010: 42-55
Barata, A.A., 2009, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Darmawan, R., 2009, Pengaruh Kompetensi Pegawai pada Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan kepada Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Kantor Wilayah DJP Jakarta Timur, Tesis, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Jakarta
Efendy, M.T., 2010, Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Gorontalo), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang
Effendy, M.T., 2010, Pengeruh Kompetensi, Independensi, dan Motivasi terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Gorontalo), Tesis, Program Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro, Semarang
Evans, J.R., dan Lindsay, W.M., 2007, Pengantar Six Sigma: An Introduction to Six Sigma & Process Improvement, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Hartanto, F.M., 2009, Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani, PT Mizan Pustaka, Bandung
Hidayat, A., 2007, Strategi Six Sigma: Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
http//www.Sulisto.blog.penguatan lembaga kecamatan
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://pih.depkominfo.go.id/default.aspx?page=detail_konten&jenis_konten=2&id_konten=2021
http://semnas.if.upnyk.ac.id/?p=59
http://workshopteub.brawijaya.ac.id/artikel/peran.html
http://www.gadjahmada.edu/new/?type=main&submenu=about&main_id=4
http://www.informatika.lipi.go.id/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia
http://www.total.or.id/info.php?kk="teknologi_informasi
http://www.trisakti.ac.id/myPageDet.asp?DataID=51
Laporan Program Kerja Kecamatan Parung Tahun 2010
Laporan Tahunan Kinerja Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Tahun 2010
Latunreng, W., 2010, Perilaku Organisasi, IPPSDM-WIN, Jakarta
Latunreng. W., 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, IPPSDM-WIN, Jakarta
Lembaga Administrasi Negara, 2000, Sistem Manajemen Pemerintah Daerah, Pusat Kajian dan Diklat Aparatur LAN, Bandung
Mangkuprawira, Tb.S., dan Hubeis, A.V., 2007, Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Bogor
Mathis, R.L., dan Jackson, J.H., 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Mulyanto, H., dan Wulandari, A., 2010, Penelitian: Metode & Analisis, CV Agung, Semarang
Nurcholis, H., 2007, Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Edisi Revisi, Grasindo, Jakarta
Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000
Rivai, V., 2009, Islamic Human Capital: Dari Teori ke Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Rochaety, E., Setyowati, T., dan Ridwan. Z., Faizal, 2011, Sistem Informasi Manajemen, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta
Sholihin, A.I., 2010, Ekonomi Syariah, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Simamora, B., 2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Simamora, H., 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III, Bagian penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta
Sutrisno, E., 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group
Suwatno, H., dan Priansa, D.J., 2011, Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung
Tangkilisan, H.N.S., 2007, Manajeme Publik, PT. Grasindo, Jakarta.
Tobing, H.P.L., 2009, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar tahun 2009, Tesis, Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.
Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 1999 junkto UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik
Yanuarni, E., 2010, Pengaruh Praktek Manajemen Teknologi Informasi yang di Moderasi Sikap terhadap Peningkatan Peran Profesional Sistem Informasi (Penelitian pada Profesional Sistem Informasi di Empat Perusahaan yang ada di Malang dan Surabaya), Tesis, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.
Zuamah, 2007, Analisis Pengaruh Kompetensi Teknis, Kompetensi Sosial, dan Kualitas Interaksi Terhadap Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Citra Perusahaan dan Kepuasan Konsumen (Studi pada PT Askes (persero) Kantor Cabang Utama Semarang), Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i1.28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor