CITARASA DAN KERAGAMAN MENU DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN NASI UDUK BETAWI MPOK TIYAH

Mursida Kusuma Wardhani, Anna Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citarasa dan keragaman menu terhadap kepuasan konsumen nasi uduk betawi Mpok Tiyah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif tipe verifikatif yaitu menguji pengaruh antar variabel. Data Penelitian diperoleh dari jawaban kuisioner penelitian yang dibagikan kepada 50 konsumen nasi uduk betawi Mpok Tiyah yang pernah membeli lebih dari satu kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling.

Metode Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Ganda. Dengan metode regresi linier ganda maka tahapan analisis meliputi uji asumsi klasik, uji model menggunakan Uji-F untuk menjelaskan kemampuan model dengan melihat nilai R Square, dan Uji-t untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa model penelitian memiliki kelayakan yang baik (goodness of fit test) karena dalam model penelitian (Nilai R2 = 0.248 dan Sig. F = 0,001); variabel Citarasa dan Keragaman Menu secara bersama-sama mampu menjelaskan 24.8% variasi Kepuasan. Citarasa berpengaruh terhadap kepuasan dengan arah positif (b1 = 0.202), artinya semakin meningkat citarasa yang dirasakan konsumen akan membuat kepuasan konsumen semakin meningkat. Keragaman Menu berpengaruh terhadap Kepuasan dengan arah positif (b2 = 0.248) artinya semakin meningkat keragaman menu yang disajikan untuk konsumen akan meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan hipotesis menunjukan bahwa Citarasa (X1) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kepuasan (Y) sedangkan Keragaman Menu (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen.

 

Kata Kunci: Citarasa, Keragaman Menu, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Amir, Fachruzi. 2012. Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada PT. Hajat Abadi Di Makasar. Skripsi.

Drummond KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professional’s, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Page 3-4

Engel, James F, 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Jakarta. Binarupa Aksara. Halaman 258

Giese & Cote. 2000. Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction Volume 2000 No. 1 Available: http://www.amsreview.org/articles/giese01-2000.pdf

Kotler, Philip. 2002, Marketing Management. 11th Edition, Pearson Education Internatoral. Halaman 347

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua Salemba Empat, Jakarta.

Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. 2010. Penelitian Metode dan Analisis. CV. Agung, Semarang.

Muhammad Miftahul Munir. 2014. Analisis Pengaruh Citarasa Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bebek Goreng H. Slamet Cabang Kartosuro (Solo) Di Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pamangsah. 2008. Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Produk dengan Minat Membeli. skripsi. Yogyakarta: Fakultas Manajemen Universitas Gadjah Mada.

Peter,Salim. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit : Balai Pustaka, Jakarta.

Siswanto, Sutojo. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi kedua, Penerbit: Damar Mulia Pustaka, Jakarta

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior: buying having, and being 9th Ed.New Jersey, USA: Pearson Prentice Hall

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy dan Geogorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi 3, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Uswatun Hasanah. 2015. Pengaruh Keragaman Menu, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Waroeng “SS†(Spesial Sambel) Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 3, No 2.

Vincent, Garpersz. 2012, Manajemen Bisnis Total Dalam Era Globalisasi. PT. Gramedia, Jakarta.

Wahidah,N.2010. Komponen-komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan. http://www.idazweek.co.cc/2010/02/komponen-komponen-yang memengaruhi-cita.html.

Widya Agustin Ningtias. 2016. Identifikasi Atribut Kepuasan Dan Pelayanan Pada Rumah Makan Nasi Uduk Di Kota Bandar Lampung, Universitas Lampung. Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v14i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen & Kewirausahaan

Indexed By:

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor