• https://www.pharmacy.up.ac.th/fonts/mendemo/
  • https://www.pharmacy.up.ac.th/PHAR1/
  • KEUNGGULAN BERSAING MELALUI EKUITAS MEREK, DESAIN PRODUK, DAN DISTRIBUSI | Asari | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

    KEUNGGULAN BERSAING MELALUI EKUITAS MEREK, DESAIN PRODUK, DAN DISTRIBUSI

    Muhamad Asari, Siti Mahmudah, Esti Handayani

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek, desain produk dan distribusi terhadap keunggulan bersaing pada produk Oleh-oleh Betawi Mpok Mumun di DKI Jakarta.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dibantu alat analisis berupa SPSS (Statistic Package for Social Sciences) dengan jumlah responden 175 orang pelanggan Oleh-oleh Betawi Mpok Mumun. Hasil analisa menunjukkan  dampak yang nyata, dimana ekuitas merek, desain produk dan distribusi berdampak positif terhadap keunggulan bersaing.

     

    Kata kunci: desain produk, distribusi, ekuitas merek, keunggulan bersaing, SPSS

     

     

    ABSTRACT

     

    This research aims to ascertain whether brand equity, product design and distribution have an impact on competitive advantage in Betawi Mpok Mumun Souvenir Products in DKI Jakarta. This study uses a quantitative method assisted by analysis tools in the form of SPSS (Statistical Package for Social Sciences) with a total of 175 respondents Betawi Mpok Mumun Souvenir customers. The results of the analysis show a real impact, where brand equity, product design and distribution have a positive impact on competitive advantage.

     

    Keywords: brand equity, competitive advantage, distribution, product design, SPSS


    Full Text:

    PDF

    References


    Christian, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Pada Clothing Our Bandung Style. Universitas Komputer Indonesia. Tersedia pada: http://repository.unikom.ac.id/54245/.

    Etzel. Michael J. Walker J.W., Stanton, W.J. 2013. Marketing, Edisi ke-12, New York,USA: McGraw-Hill Irwin

    Harwani, Y. (2017). Memahami Peran Ekuitas Merek sebagai Keunggulan Bersaing terhadap Pengambilan Keputusan dalam Pemilihan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen, XXI(03), 398-417.

    Kotler, P., & Gary, A. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

    Kotler, P., & Keller, L. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

    Michael J. Etzel, et al. (2013). Fundamentals of Marketing, Tenth Edition. Singapore: Mc Graw-Hill

    Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2019). Penelitian, Metode dan Analisis. Semarang: CV Agung.

    Mursid, M. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Porter, M. E. (2008). Competitive Advantage (Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggulan). Kharisma Publishing Group.

    Sari, Y., & Angga A. W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing pada Usaha Waralaba di Kabupaten Oku. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 1(1), 9-16.

    Silaen, J. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek dan Positioning terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Skaters Cihampelas. Universitas Komputer Indonesia.

    Suryani, F. A. (2019), Analisis Pengaruh Saluran Distribusi, Implementasi ERP dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keuanggulan Bersaing sebagai variable Intervening (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Pemalang), Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

    Szopa P., & Pękała W. (2012). Distribution Channels and Their Roles in The Enterprise. Polish Journal of Managemen Studies, 6.

    Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

    Trisna, P. W., et al. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan 1, 6(1), April 2021, DOI : https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473, hal. 1-11. Universitas Pajajaran. Bandung.

    Wilar O. W., et al. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kulitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Bank Central Asia, Tbk. Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 3845-3854 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/18082/17606




    DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v21i1.1268

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

    Indexed By:

    Jurnal Manajemen Kewirausahaan

    Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)

    Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor