PERAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA STRATEGI BISNIS DAN ETIKA BISNIS TERHADAP KINERJA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah faktor strategi dan etika bisnis terhadap kinerja usaha makanan dan minuman di Kabupaten Bogor. Keunggulan kompetitif digunakan untuk memediasi pengaruh strategi dan etika bisnis terhadap kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan menggunakan PLS-SEM terhadap 100 responden. Hasil penelitian memperlihatkan etika bisnis berpengaruh positif secara langsung terhadap kinerja usaha sementara strategi bisnis berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja usaha. Penelitian ini juga menunjukan bahwa keunggulan kompetitif memiliki peran penting terhadap kinerja usaha. Keunggulan bersaing menguatkan strategi dan etika bisnis yang berpengaruh positif dalam mendukung peningkatan kinerja usaha. Penelitian ini memberi implikasi bahwa keunggulan kompetitif penting dalam mendukung strategi dan etika bisnis guna peningkatan kinerja usaha.
Kata kunci: etika bisnis, keunggulan kompetitif, kinerja, strategi, UMKM
ABSTRACT
This research is intended to examine strategic factors and business ethics on the performance of food and beverage businesses in Bogor Regency. Competitive advantage is used to mediate the influence of business strategy and ethics on business performance. This research was conducted using PLS-SEM on 100 respondents. The research results show that business ethics has a direct positive effect on business performance while business strategy has an indirect effect on business performance. This research also shows that competitive advantage has an important role in business performance. Competitive advantage strengthens business strategies and ethics which have a positive influence in supporting increased business performance. This research has the implication that competitive advantage is important in supporting business strategy and ethics to improve the business performance.
Keywords: business ethics, competitive advantage, performance, MSMEs, strategy
Full Text:
PDFReferences
Amirkhani, A. H., & Reza, A. M. (2015). Investigating The Relationship between Strategic Orientation and Firm’s Performance Considering The Intermediary Role of Business Strategy. Journal of Management Sciences, 1(8), 152–157.
Asyhari, A., Pudjihastuti, S. H., & Kurdaningsih, D. M. (2018). Peran Mediasi Keunggulan Kompetitif pada Faktor Determinan Kinerja Bisnis UKM di Sentra Tenun Batik di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 22(2), 111–131. https://doi.org/10.20885/jsb.vol22.iss2.art1
Ayyubi, S. El, & Anggraini, S. A. (2019). Peran Etika Bisnis Islam terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan di Kota Bogor. Journal of Business & Banking, 6(2). https://doi.org/10.14414/jbb.v6i2.1299
Barus, E. E., & Nuriani. (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi pada Rumah Makan Wong Solo Medan). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(2), 125–146.
Choi, S. (2014). Learning Orientation and Market Orientation as Catalysts for Innovation in Nonprofit Organizations. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 43(2), 393–413. https://doi.org/10.1177/0899764012465491
Fauzia, I. Y. (2013). Etika Bisnis dalam Islam (Pertama). Kencana Prenadamedia Group.
Kemenkeu. (2021). Pemerintah Terus Perkuat UMKM melalui Berbagai Bentuk Bantuan. 27 September 2021. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/
Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan
Manusia dan Kebudayaan). (2021). Pemerintah Dorong Peningkatan Produk Halal dan Pemberdayaan UMKM. 06 April 2021. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-dorong-peningkatan-produk-halal-dan-pemberdayaan-umkm
Kemenkop. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Usaha Besar. www.depkop.go.id.
Latan, H., & Noonan, R. (2017). Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications. Springer.
Lin, S. H., & Wu, H. (2012). Effects of Ethical Sales Behavior Considered Through Transaction Cost Theory: to Whom is The Customer Loyal? The Journal of International Management Studies, 7(1), 31–40.
Lubaba, A., & Prasetyoningrum, A. K. (2019). Etika Bisnis Islam : Implementasi pada UMKM Wirausahawan. Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 27–36.
Manurung, M. T., Sugiarto, J., & Munas, B. (2016). Membangun Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis pada Industri Kecil Menengah Tenun Ikat di Troso, Jepara. Jurnal Bisnis Strategi, 25(2), 171–184.
Mustikowati, R.I., & Tysari, I. (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi, 10(1), 23–37. https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.771
Norvadewi. (2015). Bisnis dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.21093/at.v1i1.420
Oktarina, A., & Mu’alim, A. (2017). Implementation of Islamic Business Ethics on Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs): Case Study of SMEs XYZ. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(2), 155–163. https://doi.org/10.18196/jesp.18.2.4042
Porter, M. E. (2004). Competitive Avantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.
Primadhita, Y., Ayuningtyas, E. A., & Primatami, A. (2021). Model Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Kinerja Wirausaha Perempuan di Bogor. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.493
Primadhita, Y., & Budiningsih, S. (2020). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dengan Model Vector Auto Regression. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(1), 1. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i1.396
Rahayu, N. S., & Purwani, K. (2012). Strategy of Enhancing the Competitiveness of Leather’s SMEs: Study in Manding Yogyakarta. Junral Inovasi dan Kewirausahaan, 1(2), 129–134.
Ratih, I. S. (2021). Strategi Bisnis Syariah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Izzi, 1(1), 1–18.
Shofa, M. A. (2018). Pengaruh Perencanaan Strategi dan Etika Kerja Islam terhadap Kinerja Perusahaan pada Bank Umum Syariah di Malang Raya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1), 1–17.
Tamimah, Herianingrum, S., Ratih, I. S., Lhofidlotur, R., & Kulsum, U. (2018). Development, Halalan Thayyiban: The Key of Successful Halal Food Industry. ‘Ulûmunâ : Jurnal Studi Keislaman, 4(8), 170–185.
Wardani, Y. K., Mangunwihardjo, S., & Perdhana, M. S. (2016). Membangun Strategi Bisnis melalui Faktor Manajerial sebagai Pemilik dan Lingkungan Bisnis Eksternal dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Bisnis Strategi, 25(2), 82–94. https://doi.org/10.14710/jbs.25.2.82-94
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v20i2.1233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor