DETERMINAN CITA RASA, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban atas masalah bagaimana cita rasa, persepsi harga, dan promosi berdampak pada kepuasan pelanggan yang membeli produk Teh Tong Tji di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data kwalitatif yang diukur berdasar pada rentang dari 1 sampai 5, dan digunakan software SPSS (Statistic Package for Social Sciences) untuk menganalisanya. Penelitian ini melibatkan 145 pelanggan teh Tong Tji yang disurvei. Hasilnya menunjukkan bahwa cita rasa, persepsi harga, dan promosi memengaruhi kepuasan pelanggan dengan produk teh Tong Tji di DKI Jakarta.
Kata kunci: cita rasa, kepuasan pelanggan, persepsi harga, promosi
ABSTRACT
This research is intended to find answers to the problem of how taste, price perception and promotion impact customer satisfaction who buy Tong Tji tea products in DKI Jakarta. This research uses qualitative data which is measured based on a range from 1 to 5, and uses SPSS (Statistical Package for Social Sciences) software to analyze it. This research involved 145 Tong Tji tea customers who were surveyed. The results of his research that the influence of taste, price perception, and promotion on customer satisfaction in Tong Tji Tea Products in DKI Jakarta the results of his research are significant.
Keywords: customer satisfaction, price perception, promotion, taste
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan.
Ashari, M. F., Siregar, Z. M. E., & Halim, A. (2023). The Influence of Service Quality, Taste, and Perceived Price on Customer Loyalty by Mediating Customer Satisfaction. Quantitative Economics and Management Studies (QEMS), 4(3).
Drummond, K. E., & Brefere, L. M. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Professional’s, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Hariyanto, A. T., Wahyuni, S. & Widodo, J. Pengaruh Cita Rasa dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Warung Bank One 2 di Jalan Mastrip Jember), Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1).
https://doi.org/10.35877/454RI.qems1631. ISSN: 2722-6247 (online)
Mulyanto, H. & Wulandari, A. (2019). Penelitian, Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung.
Nawangsari, S. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Harga, Customer Eperince, Promosi Media Sosial dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Janji Jiwa Bekasi Barat. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10).
Pattarakittham, A. (2015), The Factors Influence Customer Satisfaction anda Loyalty: a Study of Tea Beverage in Bangkok, SSRN Electronic Journal, DOI: 10.2139/ssrn.2593883
Rahmawati, I., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persespi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan The Koffee Jakarta. Jurnal ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1).
Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Sari, H. P. R. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Ragusa Es Krim Italia. Destinesia: Jurnal Hospitaliti & Pariwisata, 3(1).
Suastini, I. A. K. S., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(1). E-ISSN 2302-8912.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan.Yogyakarta: Penerbit ANDI.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v20i2.1162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Indexed By:
Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Publish by LP2M Universitas IPWIJA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor