https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://pmb.ubd.ac.id/dokumen/demo/
PENGARUH BRAND BEHAVIOR DAN ATTRACTIVNESS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI | Farouk | Jurnal Manajemen Kewirausahaan

PENGARUH BRAND BEHAVIOR DAN ATTRACTIVNESS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI

Faizal Farouk, Aditya Nugraha Pratamahanu, Mursida Kusuma Wardani, Rasipan Rasipan

Abstract


Penelitian memiliki tujuan untuk menjawab asumsi peneliti dengan menguji brand behavior dan attractivness influencer terhadap minat beli pada brand fashion ERIGO. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner, survei, dan wawancara. Penelitian dilakukan dengan 55 responden. Metode Analisis menggunakan regresi linear ganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand behavior dan attractivness influencer memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan brand behavior yang baik dari sebuah brand dan influencer yang memiliki attractivness baik dapat meningkatkan minat beli dari pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor ini dalam upaya meningkatkan minat beli pelanggan.

 

Kata kunci: attractiveness influencer, brand behavior, minat beli

 

 

ABSTRACT

 

The research aims to answer the researcher’s assumption by testing the brand behavior and attractiveness of the influencer on the purchase intention of the ERIGO fashion brand. The research method used is descriptive quantitative with data collection through questionnaires, surveys, and interviews. The research was conducted with 55 respondents. The analysis method uses multiple linear regression with SPSS application. The results showed that brand behavior and influencer attractiveness have a significant effect on purchase intention. Based on the results of the study, it can be concluded that good brand behavior from a brand and an influencer who has good attractiveness can increase the purchase intention of customers. Therefore, the company needs to pay attention to these factors to increase customer purchase intention.

 

Keywords: attractiveness influencer, brand behavior, buying interest

.                                                                                                            


Full Text:

PDF

References


Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia , 356-361.

An’umillah, Y. S., & Zulestiana, D. A. (2022). Pengaruh Influencer Social Media dan Citra Merek terhadap Minat Beli pada Generasi Z (Studi Kasus pada E-Commerce Sociolla). e-Proceeding of Management, 1928-1934.

Astiyanti, G. A. (2014). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser terhadap Efektivitas Iklan dan Minat Beli pada Minuman Serbuk Buah Merek Nutrisari (Studi pada Masyarakat di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion dan Influencer Marketing terhadap Minat Membeli dalam Mobile Legends. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-11.

Cece, I. S. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth di Sogo Galaxy Mall Surabaya. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 101-110.

Hayatunnufus, I. U., & Zuliestiana, D. A. (2023). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Minat Beli pada Marketplace Tokopedia. E-Proceeding Of Management, 991-999.

Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 97-110.

Lestari, E. M., Najib, M. F., & Senalasari, W. (2021). Pengaruh Review Influencer terhadap Minat Beli UMKM Selama Masa Pandemi Covid-19. Irwns: Industrial Research Workshop And National Seminar, 1022-1028.

Pandiangan, K., Masiyono, & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, dan Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 471-484.

Pasaribu, A. F., Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing dan Influencer terhadap Minat Beli Produk Skincare pada Mahasiswa. Ecobisma Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 81-93.

Pramesti, E. A., & Wardhana, A. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Pepsodent di Kota Bandung. Seiko: Journal of Management & Business, 615 - 627.

Razan, G. D., & Suyanto, A. (2022). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Influencer Review dan Trust terhadap Minat Beli pada Produk Skincare Varian Serum Elshéskin. E-Proceeding of Management, 1781-1791.

Subagiyo, S., Rahman, A., & Aprilliani, A. (2023). Brand Ambassador, Minat Beli pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 56-68.

Utami, M. P., & Setyowati, L. (2023). Pengaruh Iklan, Merek, Beauty Influencer terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Kabupaten Tuban. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 205-224.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v20i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Indexed By:

          

Jurnal Manajemen Kewirausahaan

Publish by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Gd. H.R. Soemitro Lt. 2 Jl. Ledta Natsir No. 7 Nagrak, Gunung Puteri, Bogor