https://tracerstudy.disdik.kalteng.go.id/demo/ https://simanta.poltekindonusa.ac.id/js/
Sosialisasi Pemasaran Destinasi Wisata Melalui Media Sosial dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat | Novianti | Jurnal Abdimas IPWIJA

Sosialisasi Pemasaran Destinasi Wisata Melalui Media Sosial dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Maya Novianti, Twenty Mariza Syafitri, Sri Wulandari

Abstract


Desa Belitar Seberang menjadi Desa Wisata dengan destinasi wisata yang dimiliki serta unsur penunjang dari hasil bumi yang dimiliki dapat membuat masyarakat desa dapat memiliki pendapatan khususnya dari segi destinasi wisata yang dimiliki. Tujuan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Memberikan Penyuluhan atau Edukasi mengenai Pemasaran Destinasi Wisata Melalui Media Sosial dalam memberikan pemahaman pemasaran pada media sosial upaya untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Belitar setelah mereka  terdampak pandemi Covid-19. Pelaksanaan Kegiatan ini dilaksanakan berupa penyuluhan dan edukasi yang di yang diikuti oleh masyakarat Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Rejang Lebong. Manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Belitar agar dapat menggunakan internet sebagai media sosial dalam komunikasi untuk pemasaran destinasi wisata yang  dihasilkan agar dapat meningkatkan pendapatan.

 Kata kunci: Pemasaran Online; Pendapatan; Destinasi Wisata


Keywords


Pemasaran Online; Pendapatan; Objek Wisata

Full Text:

PDF

References


Charli, C. O. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 40-48.

Hidayat, M. (2011). Strategi perencanaan dan pengembangan destinasi wisata (studi kasus pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33-44.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gray. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta, Erlangga

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196, FEB Universitas Indonesia. Depok

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1-15.

Pradiatiningtyas, D. (2016). Peran Instagram dalam menarik minat wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Yogyakarta. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(2), 489929.

Stelzner, MA (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32.

Taufik, T., Kurniawan, I., Kurniawan, I., & Sudigdo, A. (2022). Keberlangsungan Bisnis UMKM melalui Pemasaran Digital dan Inovasi Produk. Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan, 6, 25-34.

Wahyuni, S., Mesra, B., Harianto, E., & Batubara, S. (2020). Optimalisasi Aplikasi Media Sosial Dalam Mendukung Promosi Wisata Geol Kepada Masyarakat Desa Pematang Serai. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 129-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdimas IPWIJA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.