Peranan Business to Consumer (B2C) dalam Mendukung Ekonomi Digital UMKM

Juniar Sinaga, Eka Avianti Ayuningtyas

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat, termasuk aspek ekonomi. Teknologi memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Dengan melakukan transformasi ekonomi digital akan membantu masyarakat melakukan transaksi dan kegiatan ekonomi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model B2C (Business to Consumer) dalam mendukung adanya ekonomi digital pada pelaku UMKM. B2C (Business to Consumer) merupakan bagian dari e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif eksploratif. Terdapat 30 sampel UMKM yang sudah menerapkan transformasi ekonomi digital. Transformasi yang sudah dilakukan adalah dengan pemanfaatan layanan pesan-antar makanan melalui aplikasi Go-food dan pembayaran menggunakan e-money atau e-banking. Seiring dengan perkembangannya, tentu perlu dilakukan optimalisasi dalam penggunaan teknologi tersebut untuk mendorong perkembangan ekonomi digital.

 

Kata kunci:

B2C (Business to Consumer); E-commerce; Ekonomi Digital; UMKM

 

ABSTRACT

 

The Covid-19 pandemic that has occurred since March 2020 has affected various aspects of life in society, including the economic aspect. Technology has an important role in people's economic activities during the Covid-19 pandemic. By transforming the digital economy, it will help people carry out transactions and economic activities digitally. This study aims to find out how to use the B2C (Business to Consumer) model in supporting the existence of a digital economy for MSME actors. B2C (Business to Consumer) is part of e-commerce. This research uses descriptive exploratory research method. There are 30 samples of MSMEs that have implemented digital economic transformation. The transformation that has been carried out is by utilizing food delivery services through the Go-food application and payments using e-money or e-banking. Along with its development, of course it is necessary to optimize the use of these technologies to encourage the development of the digital economy.

 

Keywords:

B2C (Business to Consumer); Digital Economy; E-commerce; UMKM

 


Full Text:

PDF

References


Indrajit, R.E. (2001). e-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ramanathan. R.U & Hsiao, H.L. (2012). The Impact of e-Commerce on Taiwanese SMEs: Marketing and Operations Effect. UK: Int. J. Production economics

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 dalam Pandangan Islam, Salam. Sosial & Budaya Syar-i. Vol. 7. No. 6. pp; 556.

Susilo, A., et al. (2020). Coronavirus Disease- 2019. Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease-2019. Review of Current Literatures. [jurnal]: Penyakit Dalam Indonesia, Vol 7, No 1, 46.

Turban, E. & King, D. (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives (7th Edition). Prentic Hall.

Website

https://www.bps.go.id.Badan Pusat Statistik. 2021. Penduduk Berumur 15 Tahun ke Atas Menurut Golongan Umur dan Jenis Kegiatan 2008 – 2020. Badan Pusat Statistik Indonesia.

https://jdih.kemenkeu.go.id. Kemenkeu. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. JDIH Kemenkeu. Diakses pada 23 Agustus 2021.

https://www.imf.org/en/Countries/IDN#countrydata. Real GDP Growth (Annual percent change) International Monetary Fund. Diakses pada 23 Agustus 2021.

https://jdih.kemenkeu.go.id.Undang- Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Miro, Kecil dan Menengah diunduh Agustus 2019.

https://jdih.kemenkeu.go.id.Kemenkeu. Penjelasan Atas Undang-Undang Republik Indonesia No. 39 Tahun 2004. JDIH. Diakses pada 23 Agustus 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v5i0.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.