Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas produk, persepsi harga dan citra merek berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda di Dealer Cendana Wangi Pekalongan. Populasi penelitian ini adalah konsumen sepeda motor Honda di Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier ganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji asumsi autokorelasi, uji asumsi heteroskedastisitas, uji determinasi (R2), uji parsial (uji t) yang berbentuk survey dengan menyebar kuesioner. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda di Dealer Cendana Wangi Pekalongan.
Â
Kata kunci:
Citra Merek, Keputusan Pembelian Konsumen, Kualitas Produk, Persepsi Harga
Â
ABSTRACT
Â
This research aims to find out whether dimensions in product quality, price perception and brand image affect the decision process of purchasing Honda motorcycle consumers at Cendana Wangi Pekalongan Dealers. The population of this study is the consumer of Honda motorcycles in Pekalongan. A sample in the study of 100 people was calculated using the formula Slovin. The analytical methods used are descriptive analysis and double linear regression, normality test, multicollinearity test, autocorrelation assumption test, heteroskedasticity assumption test, determination test (R2), partial test (t test) in the form of survey by spreading questionnaire. Based on the results of analysis that has been done about the influence of product quality, price perception, and brand image to decision of consumer purchase of Honda motorcycles at Cendana Wangi Pekalongan Dealer.
Â
Keywords:
Brand Image, Consumer Purchasing Decisions, Price Perception, Product Quality
Â
Full Text:
PDFReferences
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 6, No 1, 660-669. Fakultas Ekonomi Universitas Samudra
Fatmawati, N. & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Hondaâ€. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Vol 10, No 1, 1-20. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank
Ghozali, I & Ratmono. (2013). Aplikasi Analisis, Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi ke-7. Semarang: Univesitas Diponegoro.
Hermansyur, H.M. & Aditi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 3, No 1, 32-43. Fakultas Ekonomi STIE Harapan Medan
Kotler & Keller. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi
Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller. K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Jakarta.
Listyawati, I.H. (2017). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella Empat Yogyakarta. JBMA Vol 4, No 2, 50-59.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. JBMA IV, No 2, 60-69.
Octaviona, N. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Gadget di Toko Suryaphone Samarinda. eJournal Psikologi, Vol 4, No 4, 397-407.
Prasistiningtyas, T.R., & Djawoto. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, No 7, 1-15.
Riyono & Budiharja, G.E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, No 2, 92-121.
Samosir, C.B.H., & Prayoga, K, A.B. (2015). Jurnal Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No 3, 1-13. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana.
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol 5, No 2, 128-147.
Wijaya, O. & Hongdiyanto, C. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Cilukba. Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah, Vol 1, No 2, 99-108.
Yuliviona, R., Alkindi, R.F., & Khamener, D. (2017). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian Wisatawan pada Pusat Oleh-Oleh Bani Rawi di Kabupaten Tanah Datar. Menara Ekonomi, Vol 3, No 6, 7-19.
Yustiawan, O. & Prijati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian Honda Vario. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, No 2, 1-20.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v5i0.646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
