Studi Kelayakan Bisnis Jajan Jamur Enoki Crispy

Vika Budi Prasetyo, Yoyo Indah Gunawan

Abstract


Di tengah pandemi COVID-19 ini, banyak karyawan dan pelajar yang melakukan aktivitas bekerja dan belajar dari rumah atau Work from Home. Biasanya masyarakat senang memakan cemilan atau makanan ringan untuk menemani aktivitasnya dalam belajar dan bekerja. Lalu ada juga masyarakat yang senang jalan-jalan di sore hari dan membeli makanan ringan untuk dibawa pulang. Dengan banyaknya permintaan terhadap makanan ringan, di sini kami menawarkan produk makanan ringan yang cocok untuk menemani kegiatan karyawan dan pelajar di rumah serta masyarakat yang jalan-jalan sore yaitu Jamur Enoki Crispy yang bahan bakunya menggunakan Jamur Enoki yang biasa dijumpai di restoran besar. Jamur Enocrispy ini menawarkan produk yang murah, enak, bergizi, dan tentunya bebas dari bahan kimia berbahaya. Dari perhitungan pada aspek keuangan selama 3 tahun mendapatkan hasil yaitu Payback Period selama 2 tahun 6 bulan, ARR sebesar 102,8%, NPV sebesar Rp5.658.600, IRR sebesar 18,23%, dan PI sebesar 1,287, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rencana usaha Jamur Enoki Crispy ini layak untuk dijalankan dan dikembangkan.

 

Kata kunci:

Bisnis; Enoki; Makanan

 

ABSTRACT

 

During the COVID-19 pandemic, many employees and students are doing work and learning activities from home or Work from Home. Usually people like to eat snacks or snacks to accompany their activities in studying and working. Then there are also people who like to go for walks in the afternoon and buy snacks to take home. With the high demand for snacks, here we offer snack products that are suitable to accompany the activities of employees and students at home as well as people who go for an afternoon walk, namely Crispy Enoki Mushroom whose raw material uses Enoki Mushroom which is commonly found in large restaurants. This Jamur Crispy Enoki offers a product that is cheap, delicious, nutritious, and of course free from harmful chemicals. From the calculation on the financial aspect for 3 years, the results are Payback Period for 2 years 6 months, ARR of 102.8%, NPV of Rp. 5,658,600, IRR of 18.23%, and PI of 1.287, so from these results it can be concluded that the Enoki Crispy Mushroom business plan is feasible to run and develop.

 

Keywords:

Business; Enoki; Food

 


Full Text:

PDF

References


Afiyah, A., Saifi, M., Dwiatmanto. Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry Coklat “Cozy” Kademangan Blitar). https://media.neliti.com/media/publications/85949-ID-analisis-studi-kelayakan-usaha-pendirian.pdf, (diakses 27 Oktober 2021

Agiarti, D. (2019). Aspek Sumber Daya Manusia Dalam Studi. Retrieved from http://dwiagiarti.blogspot.com/2019/10/aspek-sumber-daya-manusia-dalam-studi.html: (diakses 27 Juli 2021).

Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Arch, R. (2013). Contoh Perhitungan Laba Setelah Pajak (EAT). Retrieved from https://www.academia.edu/10887672/Contoh_perhitungan_laba_setelah_pajak_EAT_: (diakses 27 Juli 2021)

Deliarnov. (2016). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Handjojo, E. S., Syarief, R., & Sugiyono. Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papua (Vernonia amygdalina) https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/20049/12204, (diakses 27 Oktober 2021)

Hayati, R. (2020). Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, dan Contohnya. Retrieved from https://penelitianilmiah.com/analisis-swot/: (diakses 27 Juli 2021)

https://bogorkab.bps.go.id/indicator/12/29/1/jumlah-penduduk.html: (diakses 27 Juli 2021) Bps. (2020). Jumlah Penduduk Tahun 2018-2020.

Retrieved from Damiat, d. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: RajaGrafindo Persada.

Husnan, S., & Suwarsono, M. (2008). Studi Kelayakan Proyek. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Indonesia, I.B. (2015). Manajemen Resiko 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Irfani, A.S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iskandar, W., & Yuniar, A.S. ANALISIS KELAYAKAN USAHA STEAK CAFE DI KOTA PEKANBARU. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/viewFile/718/915, (diakses 27 Oktober 2021)

Ismail, I. (2020). Market Share: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya. Retrieved from https://accurate.id/bisnis-ukm/market-share/: (diakses 27 Juli 2021)

Maitimu, L.S. (2017). Ladang Emas: Bagaimana Menentukan Lokasi Bisnis Yang Tepat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Manis, S. (2020). Pengertian Target Pasar: Manfaat, Faktor Penentu, Contoh Target Pasar (Targeting). Retrieved from https://www.pelajaran.co.id/2018/13/pengertian-target-pasar-targeting-manfaat-faktor-yang-mempengaruhi-dan-contoh-target-pasar.html: (diakses 27 Juli 2021)

McDonald, K. (2017). Cara Bekerja Sama dan Memimpin Orang yang Tidak Sama dengan Anda. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nitisusatro, M. (2009). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Alfabeta.

Pasha, A.R. (2020). Pebisnis Perlu Kenali 5 Karakter Konsumen dan Cara Mengatasinya Agar Penjualan Lancar. Retrieved from https://www.cermati.com/artikel/pebisnis-perlu-kenali-5-karakter-konsumen-dan-cara-mengatasinya-agar-penjualan-lancar: (diakses 27 Juli 2021)

Pendidikan, D. (2021). Pengertian Pasar Menurut Para Ahli. Retrieved from https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-pasar/: (diakses 27 Juli 2021)

Purnamasari, D., & Hendrawan, B. Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Roti Ceriwis sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Batam. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEMB/article/download/200/190/, (diakses 27 Oktober 2021)

Rahmadani, S. & Makmur. Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/download/662/421/1668, (diakses 27 Oktober 2021)

Rismanto, A. (2014). Studi Kelayakan Bisnis. Retrieved from https://aderismanto01.wordpress.com/2014/05/12/studi-kelayakan-bisnis-7/#:~:text=Sedangkan%20menurut%20Purba%20(2002)%20Studi,%2C%20kontinuitas%2C%20maupun%20harga%20%E2%80%9C.: (diakses 27 Juli 2021)

Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Setiawan, S. (2021). Pengertian Perilaku Konsumen - Teori, Model, Ciri, Pendekatan, Para Ahli. Retrieved from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-perilaku-konsumen/: (diakses 27 Juli 2021)

Srikalimah, Nadhiroh, U., Malikah, R. Analisis Studi Kelayakan Usaha Home Industry Pengolahan dan Pengemasan Tahu pada UD Djawa Mandiri https://lppm.uniska kediri.ac.id/asset/kinerja/penelitian/404501467c3c1ddede4006378b8b3e20.pdf, (diakses 27 Oktober 2021)

Toiletbisnis. (2020). Aspek Pasar dan Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. Retrieved from https://www.toiletbisnis.com/aspek-pasar-dan-pemasaran/: (diakses 27 Juli 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v5i0.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.