https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://dukcapil.wajokab.go.id/demo/ https://ict2u.polije.ac.id/fonts/thailand/ https://event.umj.ac.id/files/sloy-gacor/ https://event.umj.ac.id/foto_berita/demo/
Pengaruh Biaya Pendidikan dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta pada Program Sarjana | Fajri | Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan

Pengaruh Biaya Pendidikan dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta pada Program Sarjana

Alfidha Sepyantini Fajri, Rasipan Rasipan, Jayadi Jayadi

Abstract


Biaya Pendidikan dan Promosi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi keputusan memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta dengan mengambil 77 mahasiswa semester 3 sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan Rumus Slovin dari total populasi 335 mahasiswa. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu: 1) Biaya Pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Memilih; 2) Promosi memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Memilih. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Keputusan Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki Biaya Pendidikan dan Promosi.

 

Kata kunci:

Biaya Pendidikan; Keputusan Memilih; Promosi

 

ABSTRACT

 

Cost of Education and Promotion are the two factors that are thought to be relatively large in influencing the decision to choose the IPWI Jakarta College of Economics. The study was conducted at IPWI Jakarta College of Economics by taking research samples of 77 third semester students calculated using the Slovin Formula from a total population of 335 students. This research was conducted quantitatively by describing the research data and conducting inference analysis. This study produced two main findings in accordance with the proposed hypothesis, namely: 1) The cost of education has a positive effect on the decision to choose; 2) Promotion has a positive effect on the decision to choose. Based on these findings, in order to improve the decision to choose IPWI Jakarta College of Economics, it is recommended that efforts be made to increase the Cost of Education and Promotion.

 

Keywords:

Choice Decision; Education Cost, Promotion


Full Text:

PDF

References


Amarullah, A.G. (2019). Analisis Pengaruh Islamic Branding dan Biaya Pendidikan terhadap Pilihan Mahasiswa Masuk Program Studi Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Tahun 2015-2017. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darussalam, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Hidaya, A.D., & Lubis, D.S. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah. Jurnal Studi Manajemen, Vol 1, No 1.

Iskandar, J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta

Kamal, B., & Rahmadiane, G.D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen.

Kana, T. (2014). Pengaruh Kelompok Referensi, Keluarga dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Universitas Musamus Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, Vol 5, No 2.

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management (Global Edition) 15th Edition.Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Principle of Marketing (Global Edition). 17th Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.

Murti, T.K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan.

Purwati, L.I. (2020). Pengaruh Reputasi, Biaya Pendidikan, dan Lokasi terhadap Preferensi Mahasiswa Angkatan 2019 Memilih Lain Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Rahmawati, S. (2018). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Stikes Surya Mitra Husada Kediri. Kediri: Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia

Senggetang, V., Mandey, S.L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba.

Sulistyawati, N.A., Herawati, N.T., & Julianto, I.P. (2017). Pengaruh Minat, Potensi Diri, Dukungan Orang Tua, dan Kesempatan Kerja terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha.

Susi. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kelompok Acuan, dan Motivasi terhadap Keputusan Memilih Universitas Muhammadiyah Palembang pada Siswa SLTA Muhammadiyah di Kecamatan Seberang Ulu Ii Palembang. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang

Syafitri, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas. Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v5i0.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.