https://bpprd.musirawaskab.go.id/logo/dana/ https://bpprd.musirawaskab.go.id/demo/ https://media.iass.or.id/ https://sipet.gunungmaskab.go.id/thailand/ https://pena.kalteng.go.id/public/fontawsome/s2024pulsa/ https://ict2u.polije.ac.id/uploads/pemilu/demo/ https://dukcapil.wajokab.go.id/demo/ https://ict2u.polije.ac.id/fonts/thailand/ https://lelang.disperindag.lampungprov.go.id/shop/sgcor/
Nilai Perusahaan Berdasarkan Leverage dan Kebijakan Dividen pada Perusahaan “Otomotif dan Komponen” | Anggarini | Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan

Nilai Perusahaan Berdasarkan Leverage dan Kebijakan Dividen pada Perusahaan “Otomotif dan Komponenâ€

Rika Dwi Anggarini, Estuti Fitri Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif dan komponen. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan total data sebanyak 6 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dan uji-F. Penelitian menghasilkan dua temuan sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: Leverage memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan; Kebijakan Dividen tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan nilai perusahaan disarankan agar menigkatkan leverage dan kebijakan dividen.

Kata kunci: Leverage; Kebijakan Dividen; Nilai Perusahaan

 

ABSTRACT

This study aimed to examine leverage and the influence of dividend policy on firm value. This research was a quantitative study. The type of data was secondary data obtained from www.idx.co.id and company website. The populations of research were automotive and component companies. While the sample of this study determined by the purposive sampling method. The total of date ware 6 companies. The analytical method used is multiple linear regression analysis and hypothesis testing is done by t-test and F-test. The study produced two findings in accordance with the proposed hypothesis, namely:  leverage has an influence on firm value; Dividend Policy has no influence on firm value. Based on these findings, to increase the value of the company agreed to increase leverage and dividend policy.

Keywords: Leverage; Dividend Policy; Firm Value.


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Andi dan Akramunnas. (2017). Pengaruh Struktur Modal Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen. Vol. 7, No. 1.

Antoro dan Hermuningsih. (2018). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Aprilian dan Arief. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen. Universitas Negeri semarang.

Astuti, Ade Pendria dan Efni, Yulia. (2015). Pengaruh Kesempatan Investasi, Leverage, Terhadap Kebijakan Deviden Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Riau

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston.( 2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku Satu. Edisi Kesepuluh, Ahli Bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

_______. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

_______. (2016).Intermediate Financial Management.Third Edition.Sea Harbor Drive: The Dydren Press.

Briliyan, Okta Pria. (2013). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Earning Per Share (EPS)(Studi pada Perusahaan Industri Otomotif dan Komponen yang Listing di BEI). Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi.

EF Hartini, S Widhiastuti. (2018). Effect Of Capital Structure, Size Of Company, Working Capital To The Performance Of The Company And Its Impact On The Value Of The Company.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

_______. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Ed 8. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hasibuan, Veronica dkk. (2016). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 39, No.1.

Hayati, Nur Anisa. (2015). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herawati, Titin. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Hidayah, Norma dan Widyawati, Dini. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal. STIESIA Surabaya.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurnia, Denny. ( 2017). Analisis Signifikansi Leverage Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi. Universitas Serang Raya.

Lidya dkk. (2018). Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Benefita.

Mulyanto, Heru dan Wulandari, Anna. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV. Agung.

Nandita, Asna Dan Kusumawati, Rita. (2017). Pengaruh Profitabilitas. Leverage, Size, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Chan Agent For Management Journal. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Oktaviarni dkk. (2017). Pengaruh Profitablitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akutansi. Vol. 16, No. 2.

Pabundu, Tika. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Cetakan Pertama, PT. Bumi Aksara.

Prasetyorini, Bhekti Fitri (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen: Vol. 1, No.1.

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Putra dan Lestari, (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen: Vo.5, No.7.

Putra, M.R.A dan Tetty, L.S. (2017). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Kebijakan Investasi Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan sub sector perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peroiode 2010-2015).Universitas Widyatama.

Salvatore, D (2014). Ekonomi Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Senata, Maggee. (2016). Pengaruh Kebijakan Divden Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Pada Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: Vol. 6, No.1.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Suffah, Roviqotus. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. Jurnal. STIESIA Surabaya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwardika dan Mustanda, (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. Jurnal Manajemen: Vol. 6, No.3.

Utami, Vivi Fatia (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Leverage Dan Nilai Perusahaan




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/prc.v4i0.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.