Kepercayaan Merek dalam Memediasi Kesadaran Merek dengan Promosi sebagai Pendukung Minat Orang Tua Mendaftarkan Anak pada biMBA AIUEO

Rahma Yani Syahputri, Anna Wulandari

Abstract


Penelitian menganalisis kepercayaan merek dalam memediasi  kesadaran merek dengan promosi sebagai pendukung minat orang tua mendaftarkan anak pada biMBA AIUEO. Penelitian dilakukan di Depok, Jawa Barat. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada 90 responden  masyarakat di Depok. Pemilihan sampel dilakukan  dengan metode accidental sampling. Data hasil kuesioner dianalisis dengan Model Persamaan Struktural (SEM) diolah menggunakan software Smart PLS. Penelitian menghasilkan temuan bahwa kesadaran merek positif mempengaruhi kepercayaan merek; kepercayaan merek positif mempengaruhi minat orang tua mendaftarkan anak pada bimbingan belajar; promosi positif mempengaruhi minat mendaftarkan anak; kepercayaan merek memediasi kesadaran merek terhadap minat orang tua mendaftarkan anak di bimbingan belajar.

The study analyzed brand trust in mediating brand awareness with promotion as a support for parents' interest in enrolling children in biMBA AIUEO. The study was conducted in Depok, West Java. The research data was obtained from a questionnaire given to 90 community respondents in Depok. Sample selection is carried out by the accidental sampling method. The data from the questionnaire were analyzed with a Structural Equation Model (SEM) processed using Smart PLS software.     Research yielded findings that brand awareness positively affects brand trust; brand trust positively affects the interest in registering a child; positive promotion affects the interest in registering a child; brand trust mediates brand awareness of interest in enrolling children in tutoring.


Keywords


Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek, Promosi, Minat Mendaftar

References


Arista, D., & Astuti, S. R. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal ASET, 13(1), -.

Aristasri, E. D., & Astuti, S. R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek,dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 37-45.

Ariyanto, A. K., & Ginanjar, R. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Terhadap Smartphone Merk Cina. Vol. 3 (No. 2), 117-127.

Baisyir, F. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya Terhadap Loyalitas. e- Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 191-201.

Baisyir, F. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 191 - 121. doi:10.31846/jae.v9i2.381

Bastian, D. A. (2015). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust)Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Strategi Pemasaran Petra, 2(1), 1 - 9.

Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alemán, J. (2005). Does brand trust matter to brand equity. Journal of Product & Brand Management, 14(2), 187 - 196. doi:10.1108/10610420510601058

Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronik Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3784-3813. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p18

Evarista, E., & Widya, P. R. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Masuk Calon Mahasiswa Baru Di Institut Shanti. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, -.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2018). Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. AKTUAL: Jurnal Ekonomi dan Sosial, 16(1), 21-27. doi:10.47232/aktual.v16i1.3

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen UNSRAT, 3(1), 1-18.

Irvanto, O., & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105 - 126.

Keller, K. L. (2008). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity . New York: Pearson/Prentice Hall.

Khoirudin, I. R., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di DIY. Journal Competency of Business, 5(1), 1 - 9. doi:https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870

Kusumajaya, A., & Semuel, H. (2014). Pengaruh Kesadaran Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Winston Indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1 - 7.

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek pada Pelanggan Geprek Bensu di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 11.

Mawarti, R. I., & Riwayati, H. E. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Memoderasi Pengaruh Strategi Komunikasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 02(03), 438-440.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Novianti, E., Wahid, S., & Jalius, J. (2018). Gambaran Kinerja Pendidik di Bimbingan Minat Baca dan Belajar (BIMBA) AIUEO Kota Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 15-20. doi:https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9059

Oktavia, R. W., Bode, L., & Rudy, W. S. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Kesadaran Merek Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Di Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. EMBA, 110 - 119.

Rahmawati, W. A. (2019). Pengaruh Promosi, Religiusitas, Kepercayaan dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah dengan Pengetahuan Masyarakat sebagai Variabel Intervening. Salatiga: IAIN Salatiga.

Roymon, P. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.

Sari, N. P., & Widowati, R. (2014). Hubungan Antara Kesadaran Merek, Kualitas Persiapan, Kepercayaan Merek dan Minat Beli Produk Hijau. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 59 - 79.

Sunjaya, F., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Dunkin’ Donuts Indonesia. Prologia, 3(1), 99-104. doi:https://dx.doi.org/10.24912/pr.v3i1.6219

Supriani, D. H., & Hidayat. (2019). Analisis pengaruh Promisi, Sikap, Reputasi dan Pelayanan Akademik Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen. HJMB Vol. 1 , No. 1, 92 - 98.

Zahro, F. F., & Basuki, R. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian pada Sosial Media Instagram (Survei pada Followers @dwihandaanda). Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v24i2.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA