Kualitas Pemasaran Digital, Produk dan Distribusi dalam Upaya Mewujudkan Kepuasan Pelanggan

Muhamad Asari, Siti Mahmudah

Abstract


Penelitian ini berupaya memperoleh gambaran kualitas pemasaran digital, produk dan distribusi dalam mewujudkan kepuasan pelanggan.  Populasi yang dipilih adalah terbatas pada pelanggan produk madu Kp. Cioray Klapanunggal Desa Leuwikaret Kabupaten Bogor Binaan STIE IPWIJA. Kemudian penarikan sampel sebanyak 100 responden dari  anggota populasi dilakukan secara insidental. Data kuantitatif diperoleh dari persepsi pelanggan melalui pengisian kuesioner yang dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pemasaran digital, produk dan distribusi positif mempengaruhi kepuasan pelanggan.

This research seeks to obtain an overview of the quality of digital marketing, products and distribution in realizing customer satisfaction.  The population chosen is limited to customers of honey products Kp. Cioray Klapanunggal Leuwikaret Village, Bogor Regency, Assisted by STIE IPWIJA. The sampling of 100 respondents from members of the population was carried out incidentally. Quantitative data are obtained from customer perception through the filling out of questionnaires analyzed by multiple linear regression. The results showed that the quality of digital marketing, products and distribution positively affected customer satisfaction.

 


Keywords


Kualitas Pemasaran Digital; Kualitas produk; Kualitas Distribusi; Kepuasan Pelanggan

References


Andriyani, M., & Ardianto, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133 - 140. doi:https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Asir, M. (2011, 10 10). Pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk dan Kebijakan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT. Centa Brasindo Abadi). Program Pascasarjana UNHAS, 1. Retrieved from http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/ab04e5b07426daa500ff04740a405335.pdf

Astuti, N. P. (2020, 2 9). Implikasi Penerapan Customer Relation Marketing dan Digitas Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Gapura Angkasa Joumpa Denpasar. journal unmasmataram, 14, no 1, 506-514. doi:https://doi.org/10.35327/gara.v14i1

Eka, C., Fatahillah, R., Sarsono, A., Hanavi, A., & Sitorus, P. (2021). Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Follower Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 91 - 100. doi: https://doi.org/10.37366/master.v1i1.158

Fadhli, K., & Pratiwi, N. (2021, 7 2). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 No.2 , 603-611. doi:https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.684

Heryanto, I. (2015, Oktober). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015, 9(2), 80-101. Retrieved 08 13, 2022, from https://media.neliti.com/media/publications/41359-ID-analisis-pengaruh-produk-harga-distribusi-dan-promosi-terhadap-keputusan-pembeli.pdf

Hoe, L. C., & Mansori, S. (2018). The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty: Evidence from Malaysian Engineering Industry. International Journal of Industrial Marketing, 3, No 1 , 20. doi:https://doi.org/10.5296/ijim.v3i1.13959

Irfal, I., & Mulyanto, H. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 18(2), 141 - 152.

Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). (M. Mokhtar, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Maria, M., & Anshori, M. Y. (2013, 9 28). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6-1, 1-9. doi:https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2654

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV. Agung.

Najeem, M. O. (2021). Impact of Digital Marketing on Customer Satisfaction. Researchgate, 1. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/352902422_IMPACT_OF_DIGITAL_MARKETING_ON_CUSTOMER_SATISFACTION

Raharjo, R. M., & Mulyanto, H. (2018). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Minat Beli Konsumen Keripik Singkong. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(1), 109 - 120. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v15i1.198

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. Pacific Asia Confrence on Information Systems (p. 1). Las Vegas: Assosiation for Information System Electronic Liberary. Retrieved from https://aisel.aisnet.org/cgi/viewcontent.cgi?article=1117&context=pacis2012

Sukandi, A., Sofiati, N. A., & Sudaryo, Y. (2019, Nopember). Iplementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, 21(3), 355-364. doi:https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i3.23591

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Vol. 3). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, A., Prakosa, A. S., Anhari, F. Z., Pamungkas, B. A., & Suryanti, R. (2021). Pentingnya Kepercayaan Memediasi Pengaruh Keamanan Bertransaksi dan Kepuasan Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(2), 101 - 114. doi:http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i2.580

Yusuf, M., Nurhilalia, & Putra, A. H. (2019, 10 17). The Impact of Product Quality, Price, and Distribution on Satisfaction and Loyalty. Journal of Distribution Science, 17-26. doi:http://dx.doi.org/10.15722/jds.17.10.201910.17

Zhu, Y. Q., & Chen, H. G. (2015). Social Media and Humad Need Satisfaction: Implications for Social Media Marketing. Busines Horizons, 335-345. doi:DOI: 10.1016/j.bushor.2015.01.006




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v24i2.811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA