Kebijakan Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone PT Smartfren Telecom Tbk
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu dalam rangka menganalisis pengaruh kebijakan harga atau penetapan harga dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Produk Smartphone di PT Smartfren Telecom Tbk. Metode yang dipakai adalah kuantitatif dengan menggunakan asosiatif. Reponden penelitian ini adalah 65 pengguna Smartphone di PT Smartfren Telecom Tbk. Penelitian dilakukan pada bulan September 2021 dengan memberikan kuesioner penelitian yang diambil dengan accidental sampling. Regresi linier ganda digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian bahwasanya kebijakan harga yang dilakukan peruahaan dan promosi penjualan yang rutin dan menarik mempengaruhi keputusan pembelian.
This research was conducted with the aim of analyzing the influence of price policies and sales promotion on consumers' purchasing decisions on Smartphone Products at PT Smartfren Telecom Tbk. The method used is quantitative using associative. The respondents of this study were 65 Smartphone users at PT Smartfren Telecom Tbk. The study was conducted in September 2021 by providing a research questionnaire taken by accidental sampling. Double linear regression is used for data analysis. The results of the study that the price policy and sales promotion influenced purchasing decisions.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amin, M., Hamdan, & Yani, A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. JEM: Jurnal Ekonomi dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 1(2), 58 - 78.
Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. Jurnal Stieamkop, 3(1), -.
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), -.
Herman, e. (2011). The Influence of Price Fairness on Customer Satisfaction: An Empirical Test in The Context of Automobile Purchases. Journal of Product & Brand Management, 16(1), 49 - 58.
Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal EKSIS, 10(1), -.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (Vol. 13). Jakarta: Erlangga.
Littlejhon, S. W., & Foss, K. A. (2015). Teori Komunikasi. (Terjemahan) (Vol. 9). Jakarta: Salemba Humanika.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.
Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu Dan Pintu PT. Piji Di Jawa Timur. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), -.
Pramularso, E. Y. (2021). Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Melalui Promosi Penjualan Dan Lokasi Pada PT Bintang Motor Jaya Jakarta. Competence : Journal of Management Studies, 15(1), -.
Prasetiyo, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 2(2), -.
Puri, R. R. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Argo Parahyangan pada Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Survei Pada Daop 2 Bandung). Bandung: Universitas Pasundan.
Reni, Y. S. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Giant Supermarket Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), -.
Santi, E. (2014). Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), -.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supma, A. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Kue L’cheese Factory Pekanbaru. JOM FISIP, 7, -.
Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutojo, S. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Damar Mulia Pustaka.
Swastha, B., & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v24i1.701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.