PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN IKLAN TVC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Sebuah produk yang berhasil menembus pasar dan diterima masyarakat dengan baik merupakan hasil perjalanan produksi yang mencakup berbagai macam komponen. Kualitas Produk merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian produsen dan konsumen. Namun, kualitas bukan satu – satunya komponen penting yang tidak dapat diabaikan. Dalam kaitannya dengan pembentukan merek, Iklan merupakan komponen sangat penting dalam pemasaran suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan iklan TVC terhadap Keputusan Pembelian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode studi kasus atas Shampoo Dove. Jenis penelitiannya dengan kualitatif dan kuantitatif, pengujian instrumen dengan uji validitas, reliabilitas. Metode analisis data dengan statistik menggunakan Program SPSS (Statistical Package for Social Sciences).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variable kualitas produk dan iklan TVC berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian.. Artinya semakin bagus kualitas produk dan iklan TVC shampoo Dove maka keputusan pembelian semakin meningkat. Kemudian secara parsial, ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Iklan TVC berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
ÂÂ
Kata kunci:
Kualitas produk, Iklan TVC, Keputusan PembelianFull Text:
PDFReferences
A. Shimp Terence. (2003), Periklanan Promosi, Jakarta: Erlangga
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Armstrong,G., Kotler, P (2008) Principles of Marketing, 12th ed., New Jersey: Prentice Hall
Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated
Brown, Stanley A (2000). Customer Relationship Marketing: A strategic Imperative in the World of e-Business.
Carter, David W. 1999. Strategic Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Crosby, P.B. (1979), Quality is free: The Art of Marking Quality. New York: McGraw-Hill
Kotler & Amstrong (2009). Principle of Marketing 12 edition: New Jersey: Pearson Prentice Hall, New Jersey
Kotler----------------(2006), Marketing Management, Pearson
Kotler----------------(1997), Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan
Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta, Prenhallindo
Morissan (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Group
Mulyanto, Heru & Anna Wulandari. 2010. Penelitian Metode & Analisis. Semarang: CV Agung
Shimp, A. Terence, 2008, Periklanan Promosi, alih bahasa oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari, PT. Erlangga Jakarta
Tjiptono, Fandy, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Salim, Joko. (2010). Online Entrepreneur. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i3.67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta