Minat Mahasiswa Melanjutkan Kuliah: Intensitas Promosi, Kepercayaan dan Biaya Kuliah

Trias Fafirudin, Fitriani Fitriani, Anna Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian untuk menguji model penelitian yang menyatakan bahwa intensitas promosi, biaya kuliah mempengaruhi minat mahasiswa melanjutkan kuliah serta kepecayaan sebagai penghubung intensitas promosi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian alumni mahasiswa sekitar kab. Bekasi menggunakan penyebaran kuesioner google form secara online. Analisis penelitian yang digunakan adalah model struktural diolah software SMART-PLS 3.0. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak dapat menjadi penghubung antara intensitas promosi dan minat kuliah. Serta biaya kuliah berpengaruh positif terhadap minat kuliah.

The purpose of the study was to examine the model which states that promotion intensity, tuition fees affect student interest in continuing their studies and trust as a link to promotion intensity. This research method uses a quantitative approach, with a research sample of alumni students around the district. Bekasi uses an online google form questionnaire. The research analysis used is structural software that is processed by SMART-PLS 3.0. Research shows that trust cannot be a link between promotion intensity and college interest. And tuition fees have a positive effect on interest in college.

Keywords


Intensitas Promosi; Kepercayaan; Biaya Kuliah; Minat Kuliah

References


Berlinasari, M., & Erawati, N. M. (2017). PENGARUH MOTIVASI, BIAYA PENDIDIKAN DAN LAMA PENDIDIKAN PADA MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PPAK. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 447-476.

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator, 30-43.

Huang, i., Brink, H. M., & Groot, W. (2011). College Education and Social Trust: An Evidence-Based Study on the Causal Mechanisms. Soc Indic Res, 287-310.

Kamila, F. (2018). PENGARUH PROMOSI, MOTIVASI DAN HARGA TERHADAP MINAT KULIAH PROGRAM PASCA SARJANA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STEI). Jurnal Akuntansi dan Manajemen,, 1-12.

Marwani, & Maulana, A. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI SEPATU VANS (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 605-619.

Setyowati, T. (2015). ANALISIS SERVICE QUALITY, PROMOTION, COST STUDY DAN IMAGE DAMPAKNYA PADA MINAT KULIAH DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 177-194.

Syaifulloh, M., Wahana, A. N., & Riono, S. B. (2020). IMBAS BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT STUDI LANJUT DI PERGURUAN TINGGI KABUPATEN BREBES. Syntax Idea, 92-98 .

Tilaar, F., Lapian, S. J., & Roring, F. (2018). PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA SHOPPE SECARA ONLINE PADA ANGGOTA PEMUDA GMIM ZAITUN MAHAKERET. Jurnal EMBA, 2028 – 2037.

Wahyono, S. A., & Susilawati. (2016). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH (Studi Kasus Politeknik LPKIA Kota Bandung). JURNAL INDONESIA MEMBANGUN, No. 2 Vol. 15 hal. 82-100.

Walno. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 335-340.

Wijayanto, T., Rahadhini, M. D., & Sumaryanto. (2018). ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 370-378 .




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i3.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA