Pentingnya Kepercayaan Memediasi Pengaruh Keamanan Bertransaksi dan Kepuasan Terhadap Minat Beli Konsumen

Anna Wulandari, Adinewa Surya Prakosa, Fatimatul Zahro Anhari, Baskoro Ashar Pamungkas, Rensi Suryanti

Abstract


Tujuan penelitian untuk menguji model penelitian yang menyatakan bahwa kepuasan dan kepercayaan memediasi pengaruh keamanan bertransaksi terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 152 orang konsumen Shopee. Analisis penelitian yang digunakan adalah model struktural diolah software SMART-PLS 3.0. Penelitian menunjukkan kepuasan konsumen tidak memediasi keamanan bertransaksi terhadap minat beli sedangkan kepercayaan konsumen memediasi. Kemanan bertransaksi mempengaruhi kepuasan konsumen dan berdampak pada meningkatnya kepercayaan yang akhirnya mendorong minat beli konsumen.

The purpose of the study to test the research model that states that satisfaction and trust mediate the influence of security transactions intercepted consumer buying interests. This research method uses quantitative approach, with a research sample of 152 Shopee consumers. The research analysis used is a structural model processed smart-pls 3.0 software. The results showed that consumer satisfaction does not mediate the security of transacting against buying interests while consumer confidence mediates. Transaction security affects consumer satisfaction and has an impact on increased trust that ultimately drives consumer buying interest.


Keywords


Keamanan Antar Muka; Kepuasan; Kepercayaan; Minat Beli

References


Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro Hournal of Management, 5(2), 1-15.

Dewi, S. N., Riani, A. L., Harsono, M., & Setiawan, A. I. (2018). The role of benefit perception and customer satisfaction toward intention to continue moderated purchases experience preference satisfaction (study on Samsung consumers in Solo Raya). International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 5607-5611.

Elrado, M., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas (Survei pada Pelanggan yang Menginap di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(2).

Hanafi, M. I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Beli Via Media Online Butuhbaju.com. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 4(6), 921-932.

Juliana, Noval, T., Hubner, r. B., & Bernarto, I. (2020). Ease Of Use Dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia. Jurnal Ecodemica, 4(2), 217-229.

Keni, K., Aritonang, L. R., & Pamungkas, A. S. (2019). Purchase Intention, Satisfaction, Interest, and Previous Purchase Behaviour. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 1129-1140.

Kinasih, B. S., & Albari. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), 25-38.

Komalasari, T. D. (2020, 6 11). PikiranRakyat.com. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01399518/belanja-online-meningkat-400-persen-bpkn-masih-banyak-dikeluhkan-konsumen

Lewin, J. E., & Johnston, W. J. (2008). The impact of supplier downsizing on performance, satisfaction over time, and repurchase intentions. Journal of Business & Industrial Marketing, 23(4), 249-255.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV Agung.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi pada Online Store Lazada.co.id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1-13.

Pratama, R. B., & Magnadi, R. H. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepercayaan Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli di E-commerce (Studi pada Pengguna BliBli.com). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1-11.

Riyanto, G. P. (2021, 5 10). Kompas.com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2021/05/10/15270037/daftar-10-marketplace-online-paling-ramai-pengunjung-di-asia-tenggara?page=all

Saleem, A., Ghafar, A., Ibrahim, M., Yousuf, M., & Ahmed, N. (2015). Product Perceived Quality and Purchase Intention with Consumer Satisfaction. Global Journal of Management and Business Research: E-Marting, 15(1).

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian pada Toko Online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34-46.

Sirclo. (2020, 12 10). Sirlco.com. Retrieved from https://www.sirclo.com/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/

Vasić, N., Kilibarda, M., & Kaurin, T. (2019). The Influence of Online Shopping Determinants on Customer Satisfaction in the Serbian Market. Journal of Theoretical and Applied Electronis Commerce Research, 14(2), 70-89. doi:10.4067/S0718-18762019000200107




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i2.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA