Analisis Persepsi, Perilaku dan Preferensi Masyarakat Terhadap Penggunaan Ulang Ovo di Surabaya | Richowanto | Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Analisis Persepsi, Perilaku dan Preferensi Masyarakat Terhadap Penggunaan Ulang Ovo di Surabaya

M. Richowanto, Ety Dwi Susanti

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna dompet digital (e-wallet) OVO di Surabaya. Jumlah sempel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat hitung SPSS for windows versi 23.0. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang dompet digital (e-wallet) OVO di Surabaya. (2) Perilaku masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang dompet digital (e-wallet) OVO di Surabaya. (3) Preferensi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang dompet digital (e-wallet) OVO di Surabaya.  Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa variabel persepsi masyarakat, perilaku masyarakat, dan preferensi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan ulang dompet digital (e-wallet) OVO di Kota Surabaya.

Kata kunci: Persepsi Masyarakat; Perilaku Masyarakat; Preferensi Masyarakat; Penggunaan Ulang

 

ABSTRACT

This research uses quantitative methods. The population in this study were users of the OVO digital wallet in Surabaya. The number of samples used was 100 respondents using purposive sampling method. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the calculation tool SPSS for windows version 23.0. The findings of this study indicate that: (1) Community perception has a positive and significant effect on the reuse of the OVO digital wallet in Surabaya. (2) Community behavior has a positive and significant effect on the reuse of the OVO digital wallet in Surabaya. (3) Community preference have a positive and significant effect on the reuse of the OVO digital wallet in Surabaya. This study resulted in the conclusion that the variables of community perception, community behavior, and community preference had a significant effect on the reuse of the OVO digital wallet in Surabaya.

Keywords: Community Perception; Community Behavior; Community Preference; Reuse


Keywords


Persepsi Masyarakat; Perilaku Masyarakat; Preferensi Masyarakat; Penggunaan Ulang

References


Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, Vol. 7, No. 2, ISSN 2338-2864. DOI: https://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/354

Annisa, Umi Wahyu. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi, Preferensi dan Sikap Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus di Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). IAIN Salatiga. URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2522

Apriyani, N., & Suharti. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi, Jurnal Manajemen Dewantara, Vol. 1, No. 1, Hal. 21 – 34. DOI: 10.26460/md.v1i1.45

Ariana, R.R., Hufron, M., & Basalamah, M.R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Ulang Uang Elektronik OVO dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol. 9, No. 20). DOI: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8370

Aulia, Nabilah. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 28, No. 3, ISSN. 1749-1766. DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i03.p08

Basyar, Khoirul, & Sanaji. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Bisnis dan Manajemen (BISMA), Vol. 8, No. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/bisma.v8n2.p204-217

Erviatin. (2019). Pengaruh Persepsi, Preferensi dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Mahasiswa Uin Walisongo Semarang Menggunakan Jasa Transportasi Online Go-Jek. Walisongo Institutional Repository. URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9643

Jayanti, F., & Arista, A.T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Journal of Management Studies, Vol. 12, No. 2. DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Jusuf, Dewi Indriani. (2018). Perilaku Konsumen Di Masa Bisnis Online. Yogyakarta: ANDI.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Latifah, Imroatul. (2020). Pengaruh Persepsi, Perilaku, dan Preferensi Masyarakat terhadap Penggunaan Ulang Dompet Digital (E-Wallet) di Kabupaten Tulungagung. IAIN Tulungagung Institutional Repository. URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17091

Nurutami, Diah Wulandani. (2019). Analisis Persepsi, Perilaku, dan Preferensi Masyarakat Terhadap Prinsip dan Produk Perbankan Syariah. Jakarta: Skripsi tidak diterbitkan.

Putri, R.R., & Nugroho, D.A. (2015). Pengaruh Preferensi Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Shampoo Pantene (Studi Kasus pada Mahasiswi Konsumen Shampoo Pantene di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol. 3, No. 2. DOI: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1822

Sangadji, E.M, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Sartika, Dewi. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB), Vol. 1, No. 2, ISSN 2460-4291. DOI: 10.33633/jpeb.v2i1.2231

Semaoen, I., & Kiptiyah, S.M. (2013). Mikroekonomi (Level Intermediate). Malang: UB Press, 2013), hal. 78.

Setiadi, Nugroho J. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Hal. 91-92.

Sudigdo, A., & Taufik. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Lembaga Kursus Bahasa Sentra Lingua Depok. Jurnal Pengembangan Wiraswasta STIE IPWIJA, Vol. 22, No. 3. DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i3.473

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2015). Pemasaran Strategik:Prespektif Perilaku Konsumen, dan Marketing Plan. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Suryana, P., & Dasuki E.S. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Jurnal Ekonomi Trikonomika, Vol. 12 No. 2 Hal. 190–200, Desember 2013. DOI: http://dx.doi.org/10.23969/trikonomika.v12i2.479




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i1.518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA