Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya

Khowin Ardianto, Nurul Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji sebuah model konseptual mengenai tingkat penerimaan dalam menggunakan cashless payment systems - dompet digital di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna dompet digital di Kota Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengujian data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Perhitungan data menggunakan software Smart PLS 3. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan persepsi risiko tidak mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan dompet digital. Selain itu, hasil penelitian ini konsisten mendukung beberapa penelitian terdahulu terkait dengan TAM di mana persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan berperan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap minat penggunaan dompet digital. Persepsi kegunaan menjadi variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat penggunaan dompet digital pada pengguna di Kota Surabaya.

Kata kunci: Kepercayaan; Persepsi Risiko; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Minat Penggunaan

 

ABSTRACT

This study aims to develop and test a conceptual model about the level of acceptance in using cashless payment systems – e-wallet in Surabaya city. The research method used is a quantitative method. The population in this study were e-wallet users in the Surabaya city. The number of samples used was 100 respondents using purposive sampling method. The data testing method used are validity and reliability test. Calculation of data using Smart PLS 3  software. The research findings show that trust and perceived risk doesn’t affect users’ intention in using e-wallet. In addition, the results of this study consistently support several previous studies related to TAM where perceived ease of use and perceived usefulness play a role both directly and indirectly in intention to use e-wallet. Perceived usefulness is the variable that has the most dominant influence on the intention to use e-wallet on users in Surabaya city.

Keywords: Trust; Perceived Risk; Perceived Usefulness; Perceived Ease of Use; Intention to Use


Keywords


Kepercayaan; Persepsi Risiko; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Minat Penggunaan

References


Abrilia, N. D., Niaga, P. T., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Sudarwanto, T., Niaga, P. T., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. 8(3), 1006–1012.

Andriyano, Y., & Rahmawati, D. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Profita, 2(1), 1–16.

Artini. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi Ovo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam TA 2016-2017 UIN Sumatera Utara).

Febrilia, I., Pratiwi, S. P., & Djatikusumo, I. (2020). Minat Penggunaan Cashless Payment System –Dompet Digital Pada Mahasiswa di FE UNJ Ika. 11(1), 1–19. https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.011.1.01

Groot S. 2018. Effect of Perceived Risks, Naturalness, Usefulness and Ease of Use on the Consumer Acceptance of 3D Food Printing. Wageningen UR.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Maker: Jurnal Manajemen Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. 6(May), 31–42.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.19-29

Loanata, T., & Tileng, K. G. (2016). Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model ( Studi Kasus Pada Situs. 02(01), 64–73.

Ma Y, Gam HJ, Banning J. 2017. Perceived ease of use and usefulness of sustainability labels on apparel products: application of the Technology Acceptance Model. https://doi.org/10.1186/ s40691-017-0093-1.

M.Asari, & Rubiah, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Image Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Pemerintah ( Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE IPWIJA Jakarta ). 18, 233–242.

Maghfira. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pembayaran Go-Pay. 1.

Pavlou PA. 2003. Consumer acceptance of electronic commerce. Integrating trust and risk with the Technology Acceptance Model. International Journal of Electronic Commerce 7(3): 101-134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.110442 75

Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. 6, 54–61.

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Rachbini, W., Salim, F., Haque, M. G., & Rahmawati, E. (2019). Analisis Niat Pembelian Ulang E-Commerce Mobile Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). 5(3), 530–540.

Rodiah, S., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan , Kemanfaatan , Risiko , dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Semarang , Indonesia Abstrak. 1(2), 66–80.

Safitri, D. D., & Diana, N. (2020). E-JRA Vol. 09 No. 05 Agustus 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. 09(05), 92–107.

Schnalla R, Higgins T, Brown W, Dieguez A, Bakkena S. 2015. Trust, perceived risk, perceived ease of use and perceived usefulness as factors related to mhealth technology use. Stud Health Technol Inform 216: 467-471

Sekarsari, N. R. (2018). Pengaruh Percevied Ease Of Use, Percevied Usefulneds, dan Perception Of Product Risk Terhadap Online Shopping Intention Pada Produk Fashion Nanda. Ekobis Dewantara, 1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (Cetakan 1). Literasi Media Publishing.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.

Vivin Dian Devita. (2020). E-Wallet Lokal Masih Mendominasi Q2 2019-2020. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/trend/insights/top-e-wallet-di-indonesia-2020/




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA