Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Helm Merek KYT di Kota Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian helm merek KYT di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pengguna produk helm merk KYT yang ada di Kota Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengujian data yang digunakan yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan analisis regresi linier berganda. Perhitungan data menggunakan software SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa citra perusahaan dan citra produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian helm merek KYT di Kota Surabaya. Sedangkan citra konsumen tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian helm merek KYT di Kota Surabaya. Citra produk menjadi variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian helm merek KYT di Kota Surabaya.
Kata kunci: Citra Merek; Citra Perusahaan; Citra Konsumen; Citra Produk; Keputusan Pembelian
Â
The Influence of Brand Image on Purchase Decision of KYT HelmetABSTRACT
This study aims to determine the effect of Brand Image on purchasing decisions for KYT helmets in Surabaya. The research method used is quantitative research methods. The population in this study were all consumers or users of KYT helmet products in Surabaya. The number of samples used was 100 respondents using the purposive sampling method. The data testing method used is a validity test, reliability test, classical assumption test, t-test, F test, and multiple linear regression analysis. Calculation of data using SPSS 23 software. Based on the results of the study, it can be seen that the company image and product image have a positive and significant effect on the purchasing decision of KYT helmet brands in Surabaya. Meanwhile, consumer image does not have a positive and significant effect on the decision to purchase KYT helmet brands in Surabaya. Product image is the variable that has the most dominant influence on the purchasing decision of KYT helmet in Surabaya.
Keywords: Brand Image; Company Image; Consumer Image; Product Image; Purchase Decision
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmadi, R.N., & Hidayat, A.M. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Honda Beat di Kota Bandung tahun 2017. e-Proceeding of Applied Science Universitas Telkom, 4(1), 20-33.
Fure, F., Joyce Lapian, & Taroreh R. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di J.Co Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado, 3(1), 367-377.
Huda, O.K., & Nugroho, A.T. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek. Jurnal Pengembangan Wiraswasta STIE IPWIJA, 2(22), 141-150. http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Kurniawan, F., Zainul Arifin, & Fanani, D. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis, 56(1), 75-81.
Laheba, Y.A., Willem J.F. Alfa Tumbuan, dan Soepeno, D. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado, 3(3), 99-108.
Musay, F.P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/141
Njoto, D.P., & Sienatra, K.B. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(5), 613-618.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2), 60-69. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/66.
Prasastiningtyas, T.R., & Djawoto. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-15.
Prasetya, E.G., Edy Yulianto, & Sunarti. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua ). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214-221. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2692
Putra, G.P., Zainul Arifin, dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 124-131.
Rahmadani, R., & Ananda, F. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Tokopedia. https://doi.org/10.31227/osf.io/as9wc
Saputra, A.W. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Isuzu Panther (Studi Kasus pada Konsumen PT. Astra Isuzu International Semarang). Diponegoro University Journal Of Social And Politic, Business Administration.
Schiffman, L., & Kanuk, L.L. (2008). Consumer Behaviour (edisi ketujuh). Jakarta:PT Indeks.
Simamora, B. (2011). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, P. (2011). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. UNDIP E-journal. http://eprints.undip.ac.id/26500/
Supangkat, A.H., & Supriyatin. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(9), 1-19.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulandari, R.D., & Iskandar, D.A. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.3, No.1 Februari 2018, 11 – 18.
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i3.490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Wiraswasta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.