PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TELLER PT. BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA DAAN MOGOT
Abstract
Pelatihan dan motivasi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja teller PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja teller PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot.
Penelitian ini dilakukan di PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Utama Daan Mogot dengan mengambil 44 teller sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus slovin dari total populasi 77 teller pada margin error 5%. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif, analisis regresi sederhana dan berganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji f.
Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu : 1) Pelatihan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja teller; ) Motivasi memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja teller; 3) Pelatihan dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap kinerja teller.
ÂÂ
Key words:
Pelatihan, Motivasi, KinerjaReferences
Arikunto, S (2010), Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta, Rineka Cipta.
Kasmir (2015), Manajemen Perbankan (edisi revisi, cetakan ke-13), Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, Malayu, S.P (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi revisi, cetakan ketujuh), Jakarta, Bumi Aksara.
Hasibuan Malayu S.P (2008), Organisasi dan Motivasi. Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Kadarsiman (2012), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Malthis, Robert, L. dan John H. Jackson (2001), Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) edisi sepuluh, Terjemahan : Diana Angelica, Jakarta, Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (cetakan pertama), Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Panggabean, Mutiara S (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Rivai, Veithza (2005), Performance Apraisal; Sistem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan ke-6), Bandung, Refika Aditama.
Simamora, Henry (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi ketiga, cetakan pertama), Yogyakarta, YKPN.
Simanjuntak, J Payaman (2011), Manajemen dan Evaluasi Kinerja (edisi ke-3), Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung. Alabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i2.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Wiraswasta