ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PERUMAHAN BUKIT AZ-ZIKRASENTUL

Agus Sudigdo

Abstract


Kualitas layanan jasa dapat diukur dengan melihat seberapa jauh efektifitas layanan jasa  dapat mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan Tingkat kepuasan penghuni atas suatu pelayanan dapat diukur dengan membandingkan antara harapan penghuni terhadap kualitas pelayanan yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat harapan dan kinerja dari fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah.

Data mengenai fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakankuesioner. Responden pada penelitian ini diambil sebanyak 25 orang penghuni Perumahan Bukit Az-Zikra Sentul berdasarkanmetode sampling jenuh dimanaseluruh sample yang terdapat di dalam populasi diikutsertakan. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penghuni secara keseluruhan terhadap fasilitas lingkungan dikategorikan tidak memuaskan, fasilitas utilitas dikategorikan kurang memuaskan, fasilitas keamanan kurang memuaskan, fasilitas ibadah dikategorikan cukup memuaskan, dan program ibadah dikategorikanmemuaskan. Dari 26 indikator yang dianalisis maka ada 9indikator yang masuk dalam kuadran A, yaitu prioritas utama, 7 indikator yang masuk dalam kuadran B (persepsi dan harapan sudah sesuai), yang masuk dalam kuadran C ada 9 indikator (dinilai rendah prioritasnya), dan ada 1indikator yang masuk dalam kuadran D (dinilai berlebihan oleh siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa banyak jumlah Penghuni yang menyatakan belum atau tidak puas terhadap Pengembang karena Fasilitas yang disediakan belum memadai dan sesuai harapan Penghuni dimana hal ini berbeda dengan promosi yang dilakukan maupun garansi Pengembang atas Fasilitas perumahan yang dijanjikan.

 

Key words:

mengenai fasilitas lingkungan, utilitas, keamanan, sosial, ibadah, dan program ibadah

Full Text:

PDF PDF

References


Azwar, Saifuddin. 1992. Reliabilitas dan Validitas Edisi keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. 1996. Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jakarta : BPS.

Burns, Alvin C and Bush R.F. 2000. Marketing Research. 3th ed. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice-Hall.

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Edisi Kedua), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management The Millenium Edition. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Loudon, David L. & Albert J. Della Bitta. (1993). Consumer Behavior, 4th ed, McGraw Hill Book Co, Singapore.

Magal, S.M. and Levenburg, N.M, 2005, "Using Importance-Performance Analysis to Evaluate E-Business Strategies among Small Businesses", Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Sciences.

Martilla, John, A. & James, John, C. 1977. Importance Performance Analysis. C.A, Free Press.

Setiawan, Eko . 2007. "Modified IPA - I Sebagai Upaya Identifikasi Potensi Perbaikan Di Institusi Pendidikan Tinggi", Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 5, No. 3, hal. 123-132.

Tjiptono, Fandy. 1998. Manajemen Jasa Edisi 2. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v18i2.42

Tools:
   
JURNAL PENGEMBANGAN WIRASWASTA